Tiba-tiba alergi seafood, apakah mungkin ?

L Info Penanya: L, Wanita, 32 Tahun
Pagi Dok, Aku punya riwayat keluarga yang alergi udang atau seafood tetapi aku sendiri engga. Hampir semua makanan yang aku makan ga ada yang nimbulkan efek alergi. Tapi kemaren sewaktu makan udang tiba-tiba kulit di leher dan tangan muncul ruam merah disertai gatal-gatal atau bintik-bintik merah dan bibir bengkak. Mau tanya dong dok, apa bisa ya seseorang yang dulunya tidak punya riwayat alergi tiba-tiba jadi alergi makanan tertentu? Penangannya selain minum obat apa ya dok? Terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi L,

Ruam merah yang mendadak muncul di leher dan tangan disertai gatal-gatal atau bintik-bintik merah dan bibir bengkak  setelah makan udang merupakan tanda bahwa sudah terjadi reaksi alergi pada tubuh Anda. Reaksi alergi dapat muncul bila tubuh terpapar oleh alergen (faktor pemicu munculnya alergi) seperti seafood, kacang, cokelat, debu, bulu binatang, serbuk bunga, dll.

Bila Anda sebelumnya tidak ada riwayat alergi namun sekarang mendadak muncul reaksi alergi, maka hal tersebut bisa saja terjadi. Hal tersebut bisa terjadi bila daya tahan tubuh Anda sedang tidak baik, akibat kelelahan, kehamilan, stres, dll.

Daya tahan tubuh sangat berperan penting, sehingga selain menghindari alergen untuk sementara waktu, Anda juga perlu meningkatkan daya tahan tubuh dengan cara :
  1. Perbanyak asupan sayur dan buah.
  2. Cukup istirahat dan hindari begadang.
  3. Olahraga setiap hari selama 30 menit.
  4. Kurangi stres.
  5. Gunakan masker ketika aktivitas di luar rumah.

Sedangkan untuk mengatasi reaksi alerginya sendiri, Anda dapat meminum obat golongan antihistamin, mengoleskan calamine lotion untuk mengurangi rasa gatalnya, atau mengompres ruam-ruam yang kemerahan menggunakan es batu.

Bila keluhan tidak kunjung membaik, muncul sesak napas, maka segera lakukan pemeriksaan ke dokter atau rumah sakit terdekat.

Salam sehat,

dr. Vina

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Rasa gatal dan bentol pada kulit akibat biduran disebabkan oleh infeksi virus atau alergi terhadap makanan atau obat-obatan

Cara Tepat Mengatasi Gatal dan Bentol Akibat Biduran

Biduran adalah reaksi kulit berupa bentol kemerahan dan gatal karena alergi atau gigitan serangga. Rasa gatal dan bentol yang muncul dan tak kunjung sembuh dapat diatasi dengan obat antihistamin non-sedatif untuk biduran akut dan antibiotik untuk biduran kronis,