Penyebab batuk berdarah

YL Info Penanya: YL, Pria, 28 Tahun
Hallo dok. Dok saya batuk sudah 1 minggu, untuk 3 hari ini setiap pagi saya batuk mengeluarkan dahak banyak disertai darah, tetapi selanjutnya tidakAda apa yah dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, Y.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Batuk merupakan suatu reaksi pada tubuh untuk melawan benda asing yang masuk. Batuk ada tiga jenis yaitu batuk kering, batuk dahak, dan batuk rejan. Penyebab batuk berdahak yang paling umum terjadi, yaitu infeksi, alergi, iritasi, dan obat tetes hidung. Selain itu, ada beberapa kondisi medis yang menyebabkan batuk berdahak seperti penyakit bronkitis, pneumonia, PPOK (penyakit paru obstruktif kronis), fibrosis kistik, dan juga asma. 

Jika batuk dahak disertai dengan darah, bisa jadi karena penyakit pneumonia, tuberkulosis (TBC), bronkitis, emboli paru, dan juga kanker paru. Tetapi, bisa juga akibat dari iritasi di tenggorokan sehingga menyebabkan pecah pembuluh darah halus ditenggorokan dan menimbulkan batuk darah. Untuk memastikan penyebab dari gejala yang Anda alami ini, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ke dokter spesialis paru agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik, lab darah, dan juga rontgen paru.

Untuk mengatasi kondisi ini, Anda bisa menggunakan bahan-bahan alami berikut ini: 

  • Madu.
  • Daun mint. 
  • Jahe.
  • Minuman hangat.
  • Air garam.
  • Nanas.

Selain itu, bisa juga dengan obat-obatan mukolitik, ekspektoran, dan juga antitusif yang bisa Anda beli bebas di apotek. 

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tes spirometri dengan alat spirometer

Mengenal Tes Paru Spirometri

Tes jantung dan diabetes merupakan pemeriksaan kondisi tubuh yang familiar di masyarakat. Padahal, masih ada berbagai pemeriksaan lain yang menyangkut organ tubuh lainnya. Salah satunya adalah tes spirometri yang berperan untuk mengecek kondisi paru-paru Anda. Kenali lebih dekat dan prosedur dari tes spirometri di sini.