Tiap Menggosok Gigi, Gusi Terasa Nyeri

H Info Penanya: H, Pria, 35 Tahun
Selamat sore Dokter,Apakah berbahaya bila ada rasa nyeri di gusi setiap menggosok gigi? Apa itu pertanda adanya penyakit tertentu di gigi atau masalah lainnya ?Terima kasih untuk penjelasannya.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore Bapak H,

Gusi terasa nyeri saat menggosok gigi sangat mungkin disebabkan karena tehnik menggosok gigi yang tidak tepat, alat sikat gigi yang tidak sesuai dengan kondur gigi dan mulut, alergi terhadap pasta gigi atau adanya kondisi medis lain pada gigi dan gusi yang harus dicek lebih lanjut ke Dokter gigi.

Mengosok gigi dianjurkan sehari 2 kali yaitu setelah makan pagi dan malam sebelum tidur.

Pemilihan bulu sikat yang baik yaitu yang ujung sikat lancip dengan bulu sikat lembut sehingga dapat menjangkau sudut terdalam dari gigi dan mulut.

Selalu menyikat lidah setelah menggosok seluruh permukaan gigi dan gusi karena banyak juga sisa makanan dan kuman yang tertinggal di lidah.

Gunakan tekanan ringan saat menggosok gigi karena tenaga terlalu besar dapat menyebabkan irirtasi dan abrasi pada gigi dan gusi.  Terlalu keras menggosok gigi sebenarnya tidak menyebabkan gigi lebih bersih, malah dapat menyebabkan permukaan luar gigi (enamel) terkikis dan ini adalah asal mula dari gigi sensitif.

Tahap menggosok gigi adalah sebagai berikut :

  • Letakkan bulu sikat gigi pada permukaan gigi dekat tepi gusi dengan posisi membentuk sudut 45 derajat. Mulailah menggosok gigi geraham atas atau gigi belakang di salah satu sisi mulut. Gosoklah dengan gerakan melingkar dari atas ke bawah selama sekitar 20 detik untuk setiap bagian.
  • Gosok setiap bagian gigi, mulai dari bagian gigi yang biasa dipakai untuk mengunyah, gigi yang dekat dengan pipi dan lidah. Pastikan semua permukaan gigi sudah dgosok, sehingga plak atau sisa makanan yang menempel di gigi bisa hilang.
  • Untuk membersihkan permukaan dalam gigi depan, pegang sikat gigi dalam posisi vertikal atau gunakan ujung kepala sikat gigi, lalu sikat dengan gerakan melingkar dari tepi gusi sampai atas gigi. Lakukan gerakan ini berulang sebanyak 2-3 kali.
  • Setelah menggosok sekitar 3 menit, kumur dengan air bersih sampai hilang semua busa pasta gigi
  • Untuk kondisi gigi tertentu bisa ditambah menggunakan benang gigi (dental floss) untuk membersihkan kotoran terselip

Bila terdapat luka pada lidah atau gusi yang tidak sembuh sembuh sebaiknya segera kunjungi Dokter gigi untuk berkonsultasi dan diperiksa lebih lanjut.

Salam Sehat

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Beberapa kondisi medis, seperti Dentinogenesis imperfecta (perkembangan gigi tidak normal), bisa menjadi penyebab gigi kuning.

Apa Saja Penyebab Gigi Kuning dan Cara untuk Menghindarinya?

Warna gigi yang menguning bisa menjadi salah satu penyebab turunnya rasa percaya diri. Untuk menghindarinya, ketahuilah ketujuh penyebab gigi kuning ini dan cara mencegahnya.