Tiap maghrib badan selalu panas

A Info Penanya: A, Pria, 18 Tahun
Selamat malam dok, tiap maghrib badan selalu panas.... Kenapa ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang A,

Badan yang terasa panas sebaiknya dipastikan dengan mengukur suhu tubuh menggunakan termometer dimana akan didapati peningkatan suhu diatas 37,5 derajat celcius. Demam sendiri bisa timbul karena beragam penyebab mulai dari infeksi karena virus atau bakteri pada beragam organ tubuh seperti organ pernapasan, organ pencernaan, saluran kemih, kurang cairan, paparan matahari lama dan beberapa penyebab lain.

Karakter demam sendiri bisa memberikan informasi pada dokter untuk menentukan langkah selanjutnya seperti sudah berapa lama demam terjadi, demam terjadi kapan seperti misalnya terutama di sore dan malam hari, dan juga apakah demam hilang timbul. Demam yang timbul di sore dan malam hari bisa menjadi pertanda salah satunya adalah demam tifoid tapi hal ini memerlukan pemeriksaan langsung pada dokter untuk memastikannya. Nantinya dilakukan pencatatan gejala yang dirasa, pemeriksaan fisik dan pemeriksaan lain yang diperlukan seperti lab darah, pemeriksaan tubex atau widal untuk menilai ada tidaknya infeksi tifus.

Perhatikan gejala apa lagi yang timbul agar memberikan lebih banyak informasi agar diketahui penyebabnya, perbanyak minum air putih, lebih banyak beristirahat, konsumsi paracetamol jika demam timbul, kompres tubuh dengan kompres biasa atau kompres hangat dan segera periksakan diri pada dokter. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Merinding merupakan reaksi spontan tubuh sebagai bentuk pertahanan diri

Sebenarnya, Apa Sih Penyebab Merinding?

Penyebab merinding bisa terjadi karena reaksi refleks tubuh atas emosi dan kondisi sekitar, atau karena masalah medis berkaitan dengan tumor otak.