Tiap hari hanya tidur 2 jam, apakah boleh menggunakan obat penahan kantuk?

RM Info Penanya: RM, Pria, 2019 Tahun
assalamualaikum.. dok sy dlm sehari 24 jam kurang lebih hanya 2 jam untuk tidur karena bekerja, apakah sy boleh mengkonsumsi obat penahan kantuk setiap hari bahkan untuk seterusnya..?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, RM

Terima kasih telah bertanya di Forum SehatQ.

Banyak efek dari kurang tidur, seperti mudah marah dan bekerja tidak dalam kondisi optimal. Alasan kurang tidur yang paling trend di kalang eksekutif muda adalah stres, komputer dan membawa pulang pekerjaan di kantor. Bila kurang tidur jangka panjang dapat mempengaruhi kesehatan diantaran obesitas, penyakit jantung dan diabetes. 

Rata-rata tidur yang cukup adalah 8 jam. Jika anda bangun masih merasa lelah dan seharian mencari kesempatan tidur, itu adalah tanda anda kekurangan tidur. 

Efek pada kesehatan mental juga bisa makin serius, anda akan sulit konsentrasi dan mengambil keputusan. Mood akan turun dan anda bisa tertidur di siang hari. Resiko cedera dan kecelakaan  di rumah, perjalanan dan tempat kerja.

Sedangkan obat penahan kantuk juga sifatnya doping dan pada akhirnya akan menganggu kesehatan anda.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Bangun tidur dengan baju dan rambut basah kuyup penuh keringat memang tidak menyenangkan

Berkeringat Saat Tidur, Bisa Jadi Gejala Penyakit Tertentu

Jika diiringi keluhan kesehatan lain, berkeringat saat tidur bisa jadi alarm terjadinya penyakit tertentu, mulai dari menopause hingga masalah saraf.