11 Dec 2020, 21:37Penyakit Lainnya

FT4 pada penyakit tiroid

ES
Info Penanya: ES0
Dok hasil lab FT4 saya sudah keluar namun sayantidak bisa membacanya
822 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat pagi, ES.Pemeriksaan FT4 (free T4) adalah tes untuk mengetahui kadar hormon tiroksin (T4) yang beredar secara bebas di dalam darah. Hormon T4 ini dihasilkan oleh kelenjar tiroid, yaitu sebuah kelenjar yang terletak di leher dekat batang tenggorok. Nah, apabila saat pemeriksaan ditemukan ada ketidaknormalan dalam jumlah hormon FT4, maka hal tersebut dapat mengindikasikan adanya gangguan kelenjar tiroid. 

Gangguan Kelenjar Tiroid

Secara umum, ada dua jenis gangguan tiroid, yaitu:

1. Hipertiroid

Ketika kelenjar tiroid lebih aktif daripada biasanya, maka produksi hormon tiroid akan meningkat atau disebut hipertiroid. Kondisi ini menyebabkan gejala seperti jantung berdebar, lebih mudah berkeringat, gemetar pada tangan dan ujung jari, serta kesulitan untuk tidur.

2. Hipotiroid

Sebaliknya, ketika kelenjar tiroid tidak seaktif biasanya, produksi hormon tiroid akan menurun (hipotiroid). Beberapa gejala yang timbul pada kondisi ini adalah sensitif terhadap suhu dingin, merasa lemas, maupun berat badan yang meningkat. Nah, mengenai hasil laboratorium FT4 Anda, apabila Anda tidak bisa membacanya, Anda dapat langsung berkonsultasi kepada dokter spesialis penyakit dalam. Pasalnya, membaca hasil laboratorium tidak hanya dari nilai normal semata. Hasil laboratorium juga perlu dikaitkan dengan hasil pemeriksaan fisik dan penunjang, sebelum akhirnya ditarik kesimpulan mengenai penyakit yang Anda alami. Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
kelenjar tiroidhormon tiroidhipertiroidisme
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil