28 Nov 2020, 05:05Kandungan

Apakah bisa menyebabkan kehamilan?

RD
Info Penanya: RD0
Dok saya haid pda tgl 2 nov dan berhubungan intim tgl 11 nov tetapi ejakulasi diluar,diatas perut dan saya berhubungan intim lgi tgl 23 dan sama tetap ejakulasi dluar yaitu diatas perut saya, nah apakah itu bisa menyebabkan kehamilan atau tidak dok? Dan apakah tgl 11 nov dan 23 nov masa subur saya ya dok? Mohon dibantu terimakasih ya
265 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat siang RD,Berhubungan tanpa menggunakan pengaman atau alat KB adalah hubungan seksual yang memiliki peluang terjadinya kehamilan. Peluang kehamilan sendiri bisa lebih besar jika dilakukan pada saat masa subur.Jika haid terakhir adalah tgl 2 november dan siklus menstruasi kita anggap 28 hari. Maka masa subur bisa berkisar antara tgl 11-18 november. Jika berhubungan seksual tetapi dilakukan ejakulasi diluar juga memiliki peluang hamil karena selama berhubungan seksual bisa ada cairan sebelum ejakulasi yang keluar dan mengandung sel sperma.Untuk itu jika sebelumnya haid tgl 2 november dan siklus menstruasi 28 hari, haid berikutnya bisa berkisar antara tgl 30-31 november. Jadi apabila terlambat haid, bisa coba dilakukan pemeriksaan testpack untuk memastikan apakah hamil atau tidak.

Tanda-tanda awal kehamilan

Perhatikan juga tanda-tanda hamil lain seperti:
  • Adanya flek darah diluar menstruasi
  • Payudara terasa tidak nyaman
  • Mual dan muntah di pagi hari
  • Lebih sensitif terhadap bau atau aroma
  • Mudah letih
  • Keputihan lebih banyak
Lakukan pemeriksaan testpack ulang dalam 14 hari jika ternyata masih belum juga haid dari tanggal seharusnya. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
hubungan seksualkehamilantes kehamilan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil