16 Aug 2020, 19:58Penyakit Lainnya

Hipokalemia yang sering muncul kembali, bagaimana penanganannya ?

AS
Info Penanya: AS, Pria, 23 Tahun
Hallo dok. Saya berusia 25 tahun. Sudah 3 tahun saya mengalami hipokalemia. Padahal konsumsi buah sdh d perbanyak, mengurangi aktivitas fisik, dan kurangi intake karbo. Hal ini terjadi karena dlu pernah terjatuh dan terjadi penggumpalan darah di otak. Walaupun baru d sadari 2 tahun lalu ketika saya lumpuh dan harus d bawa rawat inap d RS selama seminggu & mengulangi rawat inap setiap awal bulan sebanyak 2 kali. Setelah 2 tahun saya tidak dpt beraktivitas berat lgi, apa yg harus saya lakukan dok?
751 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Rahmita Dewi
(0)
Selamat siang, ASK.Hipokalemia merupakan keadaan rendahnya kadar potasium atau kalium dalam tubuh. Keadaan tersebut berpotensi mengganggu metabolisme tubuh, karena kalium adalah salah satu mineral yang esensial bagi berbagai fungsi tubuh.

Beberapa diantaranya ialah :

  • menggerakan otot dan memelihara otot jantung
  • membantu sel-sel tubuh dalam mendapatkan nutrisi
  • membantu kerja saraf-saraf di berbagai bagian tubuh hingga 
  • mencegah terjadinya tekanan darah tinggi
  • mencegah terjadinya arterosklerosis atau penyumbatan dan penyempitan pembuluh darah arteri
  • dan lain-lainnya
Terdapat berbagai faktor dan kondisi medis yang dapat memicu terjadi hipokalemi, seperti penggunaan obat tertentu hingga penyakit ginjal. Terkait dengan hipokalemi yang Anda alami, mungkin keadaannya berhubungan dengan riwayat cedera kepala yang cukup kompleks dan perlu penangan lebih lanjut oleh ahli. Pada prinsipnya penanganan hipokalemi memang berfokus pada faktor penyebab atau kondisi medis yang mendasarinya. Karena seberapa banyaknya pun upaya pengembalian kadar kalium tubuh jika penyebabnya tidak tertangani maka akan terus berulang. Untuk itu ada baiknya meneruskan perawatan oleh ahli yang saat ini sedang menangani Anda. Dibantu dengan konsumsi makanan tinggi kalium seperti sayuran hijau, buah alpukat dan jenis makanan lainnya pada artikel berikut. Dokter pun mungkin akan memberikan tambahan suplemen kalium untuk mengejar kebutuhan kalium Anda yang tidak terpenuhi melalui makanan.Salam sehat,dr. Rahmita Dewi
kaliumhipokalemiazat gizi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil