18 Apr 2021, 21:08Kulit & Kelamin

Kapan harus mengganti kondom saat berhubungan ?

FA
Info Penanya: FA, Wanita, 22 Tahun
biasanya saat berhubungan seks saya bisa ejakulasi lebih dari 1x dan masih tetap ereksi jika saya menggunakan kondom, bolehkah saya menggunakan kondom yang sama meskipun sudah ejakulasi dan masih ereksi sampai ereksi saya berhenti? ataukah saya harus mengganti dengan kondom baru setiap saya ejakulasi?
120 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat pagi, F.Menggunakan kondom adalah salah satu cara mudah dan efektif demi mencegah kehamilan serta penyakit menular seksual. Kondom dapat digunakan baik wanita maupun pria. Berbagai jenis kondom, aroma, dan tekstrur menambah kepuasaan antar pasangan.

Apakah boleh menggunakan kondom yang sama, saat ejakulasi kedua ?

Kepuasaan seksual bagi pria dapat ditandai dengan ejakulasi dimana penis ereksi dan mengeluarkan sperma. Biasanya setiap berhubungan laki-laki akan ejakulasi sebanyak 1 kali kemudian membutuhkan waktu untuk penis berisitirahat. Jika pria masih punya keinginan untuk berhubungan seksual, maka dapat dilakukan kembali dengan ejakulasi dan ereksi ulang. Anda yang mengalami ejakulasi lebih dari 1 kali saat berhubungan dimana ereksi tetap berlangsung dapat menggunakan kondom yang sama tanpa harus mengganti terlebih dahulu. Namun harus dipastikan kondom mampu menampung sperma sehingga tidak keluar dan masuk ke vagina.Mengganti kondom saat ereksi berlangsung juga lebih sulit, sehingga ejakulasi dapat keluar sebelum kondom terpasang. Untuk lebih mudah mencegah kehamilan, pasangan Anda dapat menggunakan alat kontrasepsi lain seperti KB suntik baik setiap bulan maupun 3 bulan sekali, pil KB, KB implan dau IUD.Konsultasi ke dokter kandungan untuk cara pakai, manfaat, proses kerja alat kontrasepsi yang ada. Periksa kandungan jika setelah berhubungan pasangan Anda mengalami telat haid yang diikuti mual dan muntah, karena bisa terjadi kehamilan saat berhubungan sebelumnya.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
tips sekshubungan seks beresikokontrasepsi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil