14 Jan 2021, 22:20Kandungan

Keluar darah setelah haid berhenti apakah hamil atau ada penyebab lain?

AD
Info Penanya: AD, Wanita, 1 Tahun
Ass.. dok kemarin haidqu berhenti tgl 3 janjari 2020 tapi tgl 13 jan 2020 aku haid lagi tapi cuma 1 hari dan sampai sekarang haidnya tdk ada Kenapa seperti itu ya dok??
238 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Pany
(0)
Selamat siang ADKeluarnya darah haid di luar siklus haid merupakan tanda dari beberapa kondisi, dari kondisi yang ringan hingga berat. Perlu dicantumkan apakah darah haid yang keluar hanya berupa flek atau bercak ataukah darah yang cukup banyak.

Penyebab Bercak Darah Setelah Haid

Bercak darah atau flek coklat yang keluar di luar siklus haid merupakan hal yang wajar dan tidak perlu dikhawatirkan. Darah haid yang keluar bisa jadi adalah sisa darah haid yang menempel pada dinding rahim dan bisa keluar pada waktu kapan pun. Bercak darah atau flek coklat kecoklatan bisa menjadi tanda dari kehamilan dimana adanya implantasi janin pada dinding rahim. Namun hal ini terjadi apabila anda melakukan hubungan intim saat masa subur. Masa subur dihitung berdasarkan siklus haid, bila siklus haid 28 hari teratur maka masa subur jatuh pada hari ke 14 sejak hari pertama haid terakhir. Bila siklus haid tidak teratur antara 21-35 hari, maka masa subur jatuh di hari ke 11-21 sejak hari pertama haid terakhir. Bercak darah atau flek coklat ini bisa menjadi tanda anda sedang berada dalam masa subur. Hal-hal yang perlu anda khawatirkan adalah apabila anda menemukan tanda-tanda yang bisa mengarah pada kondisi yang lebih serius. Bila menemukan tanda-tanda ini maka sebaiknya anda segera berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan dan kebidanan melalui chat atau dapat langsung melakukan pemeriksaan ke dokter spesialis kandungan dan kebidanan di klinik atau rumah sakit. Hal-hal yang diwaspadai sebagai berikut:
  • Darah yang keluar menggumpal dan banyak
  • Perdarahan terus menerus
  • Disertai demam
  • Nyeri perut bawah hebat
  • Mual muntah hebat
  • Berat-badan menurun drastis
  • Badan lemas dan keliyengan
  • Disertai keputihan berwarna dan berbau menyengat
Semoga bermanfaat. Salam sehatdr. Pany CL
siklus haidkehamilanmasa subur
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil