14 Nov 2020, 23:49Kandungan

Bagaimana cara mengetahui usia kehamilan

DS
Info Penanya: DS0
Malam dok, saya mau tanya bagai mna cara mengetahui usia kandungan qt haid saya tidak tratur selma saya melahir kan saya tidak haid2 setelah usia anak saya 1 thn 2 bln bru saya haid tupun cma 3 bln haid saya lncr setelah tu saya tidak haid smpe skrng krna prasaan saya tidak enak saya tespek ternyata saya positif hamil
261 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat siang DS,Usia kehamilan adalah masa kehamilan yang bisa diketahui dari perhitungan mulai dari hari pertama haid terakhir atau bisa diketahui dengan menggunakan pemeriksaan USG dari perhitungan ukuran janin. Jika siklus haid tidak teratur, perlu coba diingat kapan terakhir kali haid, nantinya bisa diperkirakan berapa usia kehamilannya.Jika merasa sudah lebih dari 2 bulan tidak haid sama sekali, sebaiknya dilakukan pemeriksaan USG pada dokter spesialis kandungan dan kebidanan jika didapatkan hasil testpack positif. Nantinya bisa diketahui juga berapa usia kehamilan saat ini dan kapan taksiran persalinan atau hari perkiraan lahirnya.Beberapa hal yang perlu diperhatikan jika didapatkan hasil testpack positif diantaranya adalah:
  • Upayakan cukup istirahat
  • Hindari aktivitas berat
  • Minum air putih lebih banyak
  • Menjaga asupan makanan dan hindari pantangan makanan selama hamil
  • Minum vitamin asam folat 
  • Melakukan pemeriksaan kehamilan secara berkala
Untuk berikutnya, bisa melakukan perencanaan kehamilan dengan metode keluarga berencana atau menggunakan alat kontrasepsi agar bisa direncanakan kapan akan menambah kembali anak setelah melahirkan. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
kehamilantrimester pertama kehamilanmerencanakan kehamilan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil