10 Jul 2021, 09:01Kandungan

Testpack yang berubah hasil apa penyebabnya?

NS
Info Penanya: NS0
Dok mau tanya, saya kan telat haid, tanggal haid saya kan tanggal 2, waktu telat 6 hari haid saya iseng testpack dan hasilnya garis dua samar, dan nggak sabar untuk hasilnya nggak saya tunggu sampai 1 minggu, kira" Saya tastpack kembali selang 3 hari dari tastpack yang pertama, tapi pas di tastpack selang 3 hari hasilnya negatif dok itu kenapa ya?. Mohon di jawab dok? Terima kasih.
130 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Pany
(0)
Selamat siang NSJika mengalami keterlambatan haid bisa menandakan adanya kehamilan terutma pada wanita yang telah menikah atau berhubungan intim secara aktif. Untuk memastikan kehamilan adalah dengan melakukan pemeriksaan test pack.Test pack bisa dilakukan paling cepat 1 minggu setelah berhubungan intim di masa subur. Namun idealnya dilakukan bila sudah terlambat selama 1 minggu dari jadwal seharusnya. Test pack pun dapat diulang 3 hari atau 1 minggu setelahnya.

Penyebab Test Pack Samar Kemudian Positif

Hasil test pack yang awalnya garis samar kemudian diulang kemblai menjadi negatif, ada beberapa faktor penyebabnya. Beberapa penyebabnya karena:
  • menggunakan test pack terlalu lama sehingga urin menguap dan menyebabkan hasil positif palsu
  • urin yang encer
  • alat rusak atau kadaluarsa
  • bagian alat dicelupkan semua
  • terlalu dini melakukan test pack

Melakukan Test Pack Ulang

Untuk itu anda bisa mengulang test pack kembali setelah 1 minggu dan sebaiknya menggunakan 2 alat yang berbeda merek untuk perbandingan. Selain itu andapun bisa melakukan pemeriksaan yang lebih pasti ke dokter kandungan terkait ada tidaknya kehamilan yang terjadi.Sementara itu konsumsi asam folat, makanan bergizi, hindari stres dan istirahat cukup serta berolahraga rutin.Semoga bermanfaat Salam sehatdr. Pany
kehamilanhaidtes kehamilantest pack
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil