Bagaimana ciri implantasi?

N Info Penanya: N
Dok, sy mw tnya, sya sdh telat dtang bulan 1 mggu, pas saya cek pkai taspack hasilnya positif, tp selama 1bln sya tidak merasakan ada'a flek, bukan'a salah stu tanda hamil itu ada nya flek? tp saya ingat bulan kemarin stlah slsai haid, saya berhubungan intim di pagi hr, pas ke esokan hr nya kluar flek apa pembuahan sel secepat itu ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam N,

Implantasi adalah proses penempelan janin ke rahim setelah sel telur dan sperma bertemu dan mengalami pembuahan. Biasanya flek atau darah yang muncul saat implantasi ini terjadi 6-12 hari setelah berhubungan seksual.

Selain itu ciri-ciri darah implantasi adalah:

  • Darah yang keluar berwarna lebih terang atau kecokelatan.
  • Berlangsung dalam beberapa jam atau paling lama selama 3 hari.
  • Darah yang keluar hanya sedikit seperti bercak saja.

Bila flek muncul sehari setelah berhubungan seksual, maka bisa saja darah yang muncul akibat iritasi serviks ketika penetrasi penis ke dalam vagina terlalu dalam.

Salah satu ciri kehamilan memang bisa berupa keluarnya darah implantasi, namun tidak semua wanita mengalami flek tersebut. Sama seperti tidak semua wanita hamil akan mengalami mual muntah di pagi hari. Setiap individu memiliki ciri kehamilan masing-masing.

Sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan tes pack ulang 1 minggu setelah tes pack yang pertama untuk konfirmasi hasilnya. Karena pemeriksaan yang terlalu cepat seringkali menunjukkan hasil yang samar dan membingungkan. Atau Anda bisa melakukan pemeriksaan ke dokter kandungan untuk USG.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Inseminasi buatan bertujuan meningkatkan kemungkinan terjadinya pembuahan

Persiapan dan Prosedur Inseminasi Buatan yang Perlu Anda Ketahui

Inseminasi buatan bisa jadi pilihan alternatif bagi pasangan dengan masalah kesuburan tetapi ingin punya momongan. Prosedur ini dilakukan dengan menempatkan sperma langsung ke dalam rahim.