07 May 2020, 04:04Kandungan

Testpack negatif padahal telat

MY
Info Penanya: MY0
Periode haid dari januari sampe april kemarin siklus 28 hari..terahir haid 2 april .. namun di tanggal 20 april ada bercak se ujung jari wrna coklat.. 21 april seruas ibu jari warna coklat dan tgl 22 setetes brwarna pink ... dan sdh gak ada lagi haid smpe skrg.. harusnya kan sy haid tgl 30 april.kmrin.. tp sdh lewat seminggu belum haid juga.. masalahnya ada lah.. hasil tespack negatif..perut sy mngeras.. dan sempat migrain dan mual.. mgkin ga kehamilan palsu
10080 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Aisyah Nur Ramadhani
(0)
Selamat siang MY,Terimakasiha atas pertanyaan Anda di SehatQ.Siklus menstruasi setiap wanita berbeda-beda. Panjang siklus menstruasi yang normal adalah 21-35 hari, dihitung dari hari pertama menstruasi bulan ini, hingga hari pertama menstruasi berikutnya. Siklus menstruasi biasanya sama setiap bulannya, namun ada juga saat-saat di mana haid datang terlambat. Bukan berarti jika tidak haid atau menstruasi terlambat, seorang wanita sudah pasti hamil. 

Beberapa kondisi yang dapat menyebabkan terlambatnya menstruasi Anda :

  • Kelebihan berat badan
    Wanita dengan indeks massa tubuh 25 – 30, atau lebih dari 30, memiliki risiko tinggi mengalami menstruasi terlambat.
  • Berat badan turun
    Jika berat badan Anda kurang 10 persen dari berat badan ideal, fungsi tubuh akan terganggu dan ovulasi terhenti.
  • Stress
    Ketika stress, hormon dan bagian otak yang bertanggung jawab mengatur siklus menstruasi, yaitu hipotalamus, akan terganggu.
  • Sindrom ovarium polikistik (PCOS)
    Kondisi di mana terdapat kelainan pada hormon dan sistem metabolisme sehingga fungsi indung telur terganggu. Kondisi ini dapat menyebabkan menstruasi terlambat atau tidak menstruasi sama sekali, dan dapat memengaruhi kesuburan.
  • Masalah tiroid
    Kelenjar tiroid berfungsi mengatur metabolisme tubuh. Jika hormon ini tidak bekerja dengan baik, menstruasi pun bisa terganggu.
Berdasarkan keterangan Anda, saran saya coba lakukan testpack ulang 1 minggu setelah Anda melakukan testpack, saran saya, sebaiknya lakukan testpack saat pagi hari, saat urin pertama kali, jika Anda tidak kunjung menstruasi sedangkan testpack Anda negative, sebaiknya konsultasikan lebih lanjut ke dokter kandungan untuk memastikan penyebab dari terlambatnya menstruasi Anda.Semoga bermanfaat,Salam sehat,dr. Aisyah
gangguan menstruasitest packcara menggunakan test pack
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil