Keguguran tapi testpack positif, bagaimana?

RO Info Penanya: RO, Wanita, 22 Tahun
Permisi dok, tolong jawabanya. Keluar darah pada saat kehamilan 6 minggu, setelah di usg ternyata rahim kosong. Akhirnya dokter memberikan obat dan menyuruh saya badrest tp setelah 2 minggu saya kembali usg dan rahim masih kosong dan tertutup. Apakah saya benar2 keguguran dok? Tp testpack saya masih positif setelah 6 minggu dok dan keluar darah sehari saja. Tolong jawabannya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, RO.

Keguguran adalah hal yang tidak ingin dialami oleh siapapun. Seorang wanita disebut mengalami keguguran apabila janin keluar dari liang vagina sebelum 20 minggu. Penyebab keguguran bervariasi, mulai dari kehamilan kosong (blighted ovum), kecelakaan atau benturan, riwayat penyakit kronis, maupun janin yang tidak berkembang.

Terkait kondisi Anda, sayangnya Anda belum memberi informasi apa jenis obat yang diberikan oleh dokter tersebut. Tetapi, apabila setelah dua minggu minum obat rahim masih kosong dan lubang rahim menutup, kemungkinan besar tidak ada kehamilan, hamil kosong, atau janin sudah gugur sempurna.

Sedangkan untuk testpack, cara kerja testpack adalah dengan mendeteksi hormon kehamilan hCG pada urine. Ketika seorang wanita keguguran, hormon tersebut tidak serta-merta langsung menghilang, tetapi berangsur-angsur berkurang sedikit demi sedikit. Oleh karena itu, dua minggu pasca keguguran testpack mungkin saja masih positif. Bahkan, bisa sampai empat minggu pasca keguguran.

Apabila Anda masih ragu, Anda dapat melakukan USG ulang ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk melihat gambaran rahim Anda. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh RO
21 May 2020, 10:51
Obatnya, penguat kandungan dok. Apakah darah yg keluar cuman sehari itu apakah darah haid dok atau sisa jaringan?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
22 May 2020, 07:40
Selamat pagi RO,
Perdarahan saat hamil muda perlu di waspadai ya bu, sebagian besar memang tanda keguguran, namun kondisi lain seperti darah implantasi atau faktor kelelahan bisa menjadi faktor keluarnya darah. Sebaiknya Anda lakukan bedrest dan jangan melakukan aktivitas yang terlalu berat. Terkait dari keterangan Anda sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan lebih lanjut ke dokter kandungan untuk USG.
Salam sehat.
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Mencoba hamil kembali setelah hamil anggur tidak direkomendasikan

Bolehkah Mengusahakan Kehamilan Lagi Setelah Hamil Anggur?

Hamil anggur terjadi karena tumbuhnya jaringan tidak normal di rahim sehingga bisa berulang terjadi. Agar bisa cepat hamil setelah hamil anggur bisa apabila rahim ibu normal.