24 Nov 2020, 21:42Kulit & Kelamin

Apakah kriptorkismus berbahaya?

PJ
Info Penanya: PJ0
MLM dok, sy mau tanya.anak saya sekarang sdh berumur 4 tahun.sejak lahir testisnya yg satu belum turun sampai ke tempatnya.memang selama ini ada perubahan dimana awalnya letaknya kelihatan sebelah atas pangkal paha.tetapi kemudian sekarang semakin ke bawah mendekati tempat sebenarnya.apakah kemungkinan dlm beberapa tahun kedepan akan sempurna sampai pada tempatnya,ataukah tidak akan dok?apakah solusinya dok?terimakasih.
156 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya
(0)
Selamat Malam PJ,Saya akan mencoba menjawab pertanyaan Anda.Testis normalnya akan turun ke kantung zakar saat janin memasuki usia 7 bulan. Jika testis tidak turun atau penurunan testis tertunda, ini disebut dengan istilah kriptorkismus. Kriptorkismus dapat terdeteksi saat orang tua memeriksa testis di kantung zakar anak. Biasanya hanya teraba 1 testis saja.

Penyebab kriptorkismus

Penyebab kriptorkismus belum diketahui secara pasti, namun ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan kriptorkismus, antara lain :
  • Riwayat BBLR
  • Bayi prematur
Pada bayi prematur yaitu bayi yang lahir saat usia kehamilan kurang dari 37 minggu, membuat sebagian organ belum terbentuk dengan sempurna termasuk penurunan testis.
  • Konsumsi vitamin kehamilan yang kurang
Vitamin penting untuk perkembangan organ janin. Jika seorang Ibu tidak mengkonsumi makanan yang bergizi, dan tidak mengkomsumsi vitamin tambahan, maka risiko untuk terjadi kriptorkismus semakin besar.

Kapan harus ke dokter ?

Sebaiknya Anda membawa anak Anda ke dokter jika testis juga belum turun setalah bayi berusia 6 bulan. Karena kriptorkismus dapat menganggu produksi sperma jika tidak ditangani dengan baik.Semoga bermanfaat."Salam sehat.dr. Lidya Hapsari." 
nyeri testismeningkatkan kesuburankriptorkismus
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil