08 Dec 2020, 17:59Kulit & Kelamin

Penyebab testis membesar dan cara penatalaksanaannya

FD
Info Penanya: FD0
Dok apakah bisa testis kecil kembali normal tanpa operasi ?
232 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya
(0)
Hallo FD,Saya akan mencoba menjawab pertanyaan Anda.Testis merupakan salah satu organ reproduksi yang dapat mengahdikan sperma. Jika testis ini mengalami gangguan, bisa krena peradangan, infeksi, tumor, sumbatan, maka akan terjadi gangguan produksi sperma pula. Untuk itu gangguan di testi harus segera diatasi.

Penyebab testis membesar dan cara penatalaksanaannya

Penyebab testis membesar dan cara penatalaksanaannya antara lain :
  • Trauma pada testis dapat karena olahraga bersepeda, pukulan, kecelakaan membuat testis membengkak, nyeri, dan memerah. Cara mengatasinya dapat mengompres dengan air dingin segera setelah trauma.
  • Tumor testis yaitu pertumbuhan benjolan abnormal pada testis yang terbagi menjadi dua jenis, tumor jinak maupun ganas yang ditentukan oleh biopsi jaringan. Penanganan tumor biasanya dilakukan pengangkatan pada testis agar penjalaran tumor tidak menyebar.
  • Varikokel yang disebabkan oleh peleberan pembuluh darah vena testis yang dapat menyebabkan tingkat kesuburan pria menjadi menurun. Penanganan pada varikokel tergantung seberapa parah varikokel yang dinilai oleh dokter bedah.
  • Radang pada testis (orkhitis) karena infeksi dan penyakit menular seksual (PMS) dapat diobati sesuai dengan penyebab infeksi dan penyebab PMS serta tidak berganti pasangan seksual.
  • Hernia ingunalis dimana usus halus keluar dari rongga perut masuk ke rongga kantung zakar cara mengatasinya dengan operasi karena jika tidak dibiarkan maka usus dapat terjepit dan nekrosis (mati). 
JIka penyebab testis membesar sudah ditangani secara baik, maka testis yang mengalami gangguan akan mengecil dengan sendirinya. Yang dapat Anda lakukan adalah menjaga kebersihan organ intim termasuk testis dengan tidak menggunakan pakaian dalam serta celana yang terlalu ketat, tidak berganti pasangan seksual, terpakan pola hidup sehat.Semoga bermanfaat."Salam sehat,dr. Lidya Hapsari."
penyakit menular seksualhernia inguinalpola hidup sehat
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil