19 Nov 2020, 05:45Kulit & Kelamin

Mengapa testis bayi berbeda sebelah?

A
Info Penanya: A, Wanita, 23 Tahun
Halo dok bayi saya berumur 2 bulan 24 hari ,kenapa testisnya sering turun ya dok ,seperti bergelambir,,dan kadang itu testisnya panjang sebelah .. tempatnya ngga sama . Apakah wajar atau gimana dok?
420 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat siang, ATerima kasih atas pertanyaannya.Testis adalah salah satu organ reproduksi pria yang berfungsi sebagai tempat produksi sperma dan hormon testosterone.  Umumnya testis akan berkembang di pusar janin lalu turun ke kantung testis melalui rongga antara perut dan kantung testis.  Pada beberapa kondisi dapat terjadi kelainan yang menyebabkan kantung testis seperti menggelambir atau seperti berbeda ukuran.  Gangguan ini umumnya dapat terdeteksi pada saat bayi. 

Penyebab testis yang berbeda ukuran pada bayi :

  • Undescended testicles
    Adanya testis yang tidak masuk pada kantung testis atau skrotum. Hal ini umum terjadi terutama pada bayi kelahiran prematur.  Saat dalam kandungan, testis akan berkembang di pusar janin lalu akan turun ke kantung testis.  Jika tidak tertangani kondisi ini dapat menimbulkan masalah di saat dewasa.
  • Hidrokel
    Rongga tempat turunnya testis ke kantung testis akan menutup seiring dengan bertambahnya usia bayi. Namun pada kondisi ini, penutupan rongga tidak berjalan baik sehingga cairan menumpuk pada kantung testis menyebabkan kantung terlihat berbeda sebelah.  Kondisi ini umumnya akan hilang setelah bayi berumur lebih dari satu tahun. 
Untuk itu, jika testis bayi anda ada perbedaan ukuran, ada baiknya diperiksa ke dokter anak guna melihat apakah memang ada gangguan pada testis bayi sehingga penanganan dapat lebih tepat.Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
hidrokelbayi prematurperkembangan bayi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil