Testis yang kecil apakah bisa menjadi normal?

AS Info Penanya: AS, Pria, 17 Tahun
Dok,mau tanya... bagaimana cara mengembalikan testis yg kecil menjadi normal.?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, A.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Testis merupakan salah satu organ yang penting dalam tubuh manusia terutama pria. Karen fungsi dari testis adalah untuk memproduksi sperma. Ukuran testis yang normal yaitu 4,5-5,1 cm. Jika dibawah 3,5 cm, maka dapat dikatakan bahwa ukuran testis tidak normal. Untuk mengetahui secara pasti apakah ukuran testis Anda kecil apa tidak, harus dilakukan pemeriksaan dengan ultrasound agar lebih akurat hasilnya. Atau, bisa juga dengan alat bernama orchidometer. Ada beberapa faktor yang menyebabkan ukuran testis menjadi kecil.

Penyebab testis menjadi kecil, yaitu:

  • Hypogonadism: kondisi tubuh pria yang tidak dapat memproduksi hormon testosterone dalam jumlah yang cukup sehingga menyebabkan gangguan dalam pertumbuhan organ seks pria, termasuk testis.
  • Varikokel: suatu penyakit dimana terjadi varises pada testis.
  • Testis yang tidak mau turun.

Ukuran testis sangat mempengaruhi kesuburan pria. Biasanya testis yang ukuran kecil akan mempengaruhi produksi sperma sehingga kualitas sperma yang dihasilkan tidak baik. Jika memang Anda mengalami kelainan pada ukuran testis Anda, segeralah melakukan pemeriksaan ke dokter kulit kelamin agar dapat segera diobati dan ukuran testis Anda dapat segera kembali normal. Sehingga bisa kembali memproduksi sel sperma yang baik.

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tanda bahwa pria mengalami mimpi basah ketika tidur adalah saat celana dan sprei basah karena cairan sperma

Mitos Seputar Mimpi Basah, Percayakah Anda?

Mimpi basah adalah mekanisme alami tubuh akibat ejakulasi saat terlelap.