Testis membesar sebelah

RH Info Penanya: RH, Pria, 19 Tahun
Assalamualaikum dokTestis sebelah kiri saya turun dok, jadi posisi testis kiri saya agak dibawah sedikit dinanding testis kanan, dan saya merasakan di bagian bawah testis yg sebelah kiri itu seperti ada usus,kadang membesar dan kadang kecil, dan saya juga merasakan didalam usus itu ada gumpalan sebesar kerikil, kira ini gejala apa ya dok? Varikokel atau hernia?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, R 

Saya jelaskan ya, testis membesar dapat disebabkan oleh

1. Hernia Scrotalis / Hernia pada testis : yaitu kondisi saat usus menyembul keluar dari lapisan atau otot ke testis yang disebabkan oleh karena batuk terus menerus, sering mengangkat beban berat, sering mengejan misalnya sering mengejan saat BAB, cedera, peningkatan berat badan. Gejala yang dialami dapat berupa membesarnya testis hilang-timbul biasanya muncul saat ada penekanan pada perut misalnya batuk/bersin. Karena organ usus yang keluar ke testis maka akan tampak pergerakan usus pada testis

2. Varikokel  : Pembengkakan pada pembuluh darah di testis. Kondisi ini tidak dipungkiri dapat mengakibatkan timbulnya rasa nyeri dan tidak nyaman pada testis. Untuk kasus yang parah, Anda mungkin perlu menjalani tindakan operasi, di mana dokter Anda akan mengalihkan aliran darah dari vena yang rusak agar kembali berfungsi.

3. Hidrokel : Penumpukan cairan pada testis. 

 

Untuk memastikan diagnosanya saya sarankan anda ke dokter spesialis bedah ya agar diperiksa langsung dan diberi obat yang sesuai

 

Sementara dirumah, dapat melakukan :

1. Hindari penekanan pada perut misal mengangkat beban berat, mengejan saat BAB / BAK, gerakan melompat, dsb

2. Perbanyak istirahat

3. Memakan makanan bergizi

4. Jika terasa nyeri dapat meminum Paracetamol untuk meredakan sementara

5. Stop merokok 

 

Waspadai tanda bahaya di bawah ini, jika mengalaminya segeralah ke Unit Gawat Darurat

1. Nyeri hebat pada testis dan sekitarnya

2. Mual dan muntah

3. Demam

 

Semoga bermanfaat

Salam sehat

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Nyeri pada testis dapat disebabkan oleh torsi testis, vasektomi, hidrokel, dan varikokel

Waspada! Inilah Penyebab Nyeri Testis yang Mungkin Terjadi

Nyeri pada testis tidak selalu berkaitan dengan kanker testis. Penyebab nyeri testis yaitu, torsi testis, batu ginjal, sembelit, hernia, masalah perut, vasektomi, hidrokel, dan varikokel.