03 Jun 2020, 17:48Penyakit Lainnya

Testis kanan turun sebelah, karena apa ?

A
Info Penanya: A0
Dok mau tanya umur saya masih 16 tahun ya masih sangat muda Testis kanan saya turun nyeri Udah Lama ya dan baru 2 Minggu ini testis kanan kiri keras dan seperti ada uratnya dan diatas testis kanan seperti atau daging kecil ketika saya pegang...Dan Kalo penis saya seperti menyenggol yang empuk Sperma keluar tapi saya sudah lakukan senam kegel Itu masalahnya apa yadok yang testis turun sama penis Juga ereksi keatas padahal saya masih umur 16 tahun!!!
17972 Views
3 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Rahmita Dewi
(0)
Selamat siang, A.Testis adalah dua buah organ pada alat reproduksi pria yang terletak di belakang penis  dan berbentuk oval. Kedua organ tersebut diselubungi oleh kulit yang disebut dengan skrotum. Ukuran testis sendiri secara normal tidaklah sama dan tidak terletak sama tinggi antara kiri dan kanan. Akan tetapi jika perbedaan ukuran dan tinggi dari kedua testis cukup jauh, maka mungkin telah menandakan adanya gangguan.

Adapun penyebab gangguan pada testis dan skrotum yang umum terjadi, diantaranya adalah :

  • hernia, turunnya bagian tertentu rongga perut (usus) melewati otot yang lemah ke daerah skrotum
  • varikokel, pelebaran pembuluh darah vena disekitar testis
  • hidrokel, penumpukan cairan di skrotum
  • epididimitis, infeksi pada saluran sperma
  • torsio testis, testis terpuntir
  • orkitis, peradangan testis
Mengenai keluhan yang Anda alami, mungkin salah satu faktor penyebab diatas merupakan penyebabnya. Keluhan tumbuhnya daging dan adanya jaringan seperti urat mungkin berupa varikokel atau pelebaran pembuluh darah. Untuk keluhan pengeluaran sperma mungkin dipicu oleh kelainan saat ini yang menyebabkan tekanan pada saluran sperma sehingga memicu pengeluaran sperma dengan lebih mudah.Untuk memastikannya, diperlukan pemeriksaan lebih lanjut oleh ahli, khususnya dokter Spesialis Urologi. Dokter akan memerlukan pemeriksaan wawancara gejala, pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang jika diperlukan.Untuk sementaar senam kegel dapat dilanjutkan, akan tetapi untuk aktivitas berat sebaiknya dihentikan dulu. Jika keluhan semakin memberat segeralah memeriksakan diri.Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ.Salam sehat,dr. Rahmita Dewi
masalah reproduksikesehatan priareproduksi pria
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil