26 May 2020, 01:46Penyakit Lainnya

Apa penyebab test besar sebelah?

DP
Info Penanya: DP, Pria, 16 Tahun
Selamat malam dok, saya mau bertanya, biji testis saya yg sebelah kiri besar sebelah, cara mengatasinya seperti semula bagaimana ya dok, dan apakah saya bisa mempunyai keturunan?
15331 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Ester Agustina
(0)
Selamat siang, D.Terimakasih atas pertanyaan Anda.Rata-rata ukuran testis yang normal yaitu 4x3x2 cm dengan berbentuk oval dan permukaan yang halus. Normalnya ukuran testis kanan dan kiri memang tidak sama. Namun, jika terjadi pembesaran yang cukup terlihat, maka itu merupakan tanda dari suatu penyakit.

Penyebab testis besar sebelah

Ada beberapa penyebab testis besar sebelah, yaitu:
  • Torsio testis: akibat spermatic cord terpuntir, sehingga menyebabkan aliran darah ke testis menjadi terganggu dan buah zakar tampak besar sebelah.
  • Hidrokel: penumpukan cairan pada buah zakar. 
  • Varikokel: pembesaran pembuluh darah vena pada testis sehingga menimbulkan varises dan menyebabkan testis menjadi besar sebelah. 
  • Orkitis atau epididimitis: peradangan pada buah zakar yang disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus.
  • Tumor testis: pertumbuhan sel abnormal pada testis.
Untuk memastikan penyebab testis Anda besar sebelah, sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan langsung ke dokter urologi. Lewat pemeriksaan fisik dan lab, maka dapat ditegakkan diagnosa yang pasti dan penanganan yang tepat. Pada umumnya, untuk mengatasi testis yang besar sebelah, dokter akan melakukan tindakan operasi. Namun, sebaiknya diperiksa dulu saja apakah bisa tanpa operasi atau tidak. Untuk saat ini, yang bisa Anda lakukan adalah mengkonsumsi obat pereda nyeri jika testis terasa sakit sekali. Salam sehat,dr. Ester
nyeri testiskesehatan priareproduksi pria
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil