Testis sebelah kiri tidak turun apa harus operasi?

SU Info Penanya: SU, Pria, 37 Tahun
Siang dok,anak sy umur 7th,testi sbelah kiri blm jg turun,skarang udh di urus utk operasi,yg sy mau tnyakan,ad resiko yg berbahaya gak selama operasi berlangsung,seperti apa resikonya,jujur,sbagai orang tua sy merasa takut,mohon penjelasannya,makasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi SU,

Undescended testis (UDT) adalah kondisi kelainan kongenital atau bawaan dari lahir di mana salah satu testis tidak turun pada skrotum. Idealnya kedua testis akan turun saat bayi berusia 6 bulan. Sehingga bila bayi di atas usia 6 bulan masih teraba hanya ada 1 testis saja, maka perlu segera diperiksakan ke dokter urologi anak, karena tentunya akan mempengaruhi kesuburannya di masa dewasa nanti.

Untuk penanganan undescended testis sendiri hanya bisa melalui jalan operasi, tindakan memijat atau mengurut akan menyebabkan testis mengalami trauma dan rusak yang bisa berakibat fatal, sehingga kelamin anak tidak boleh diurut-urut. Perihal teknik operasi Undescended testis sendiri tergantung pada lokasi testis setinggi apa. Dan setiap operasi tentu memiliki risikonya.

Beberapa risiko operasi undescended testis:

  • Penempatan testis bisa terpluntir.
  • Terjadi hernia inguinalis.
  • Atrofi testis.
  • Testis asendens.

Tindakan operasi orkiopeksi atau orkidofunikolisis untuk mengembalikan posisi testis ini seharusnya dilakukan saat bayi masih usia 6 bulan, atau maksimal 18 bulan. Bila dilakukan melewati masa tersebut maka bisa saja ada kemungkinan testis sudah rusak, namun perlu tetap diusahakan operasi untuk mengembalikan posisi testis untuk mengurangi risiko terjadinya kanker testis.

Salam sehat,

dr. Vina

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh SU
06 Jul 2020, 16:01
Maaf dok,dari ke 4 resiko yg dokter sebut itu,apakah berbahaya buat pasien?apakah si pasien akan mengalami cacat atau kehilangan nyawa dok?mohon penjelasannya dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
07 Jul 2020, 11:08
Selamat pagi, SU.
Dari keempat risiko tersebut umumnya lebih mengarah pada keadaan infertilitas atau tidak subur, serta kecacatan. Kemungkinan terburuknya adalah risiko terjadinya kanker testis yang berupa kegananasan dan dapat mengancam jiwa. Untuk itu tindakan operasi tetap perlu diupayakan. Untuk keterangan lebih lanjut Anda dapat berkonsultasi secara langsung dengan dokter Spesialis Andrologi.
Salam sehat
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Benjolan di testis dapat disebabkan oleh pembesaran pada pembuluh darah testis

Benjolan di Testis Menimbulkan Rasa Sakit, Apa Penyebabnya?

Benjolan di testis merupakan keluhan yang sering dialami oleh anak laki-laki maupun pria dewasa. Salah satu penyebabnya adalah varicocele atau pembesaran pada pembuluh darah testis. Kelainan lain juga dapat menyebabkan benjolan di testis, seperti infeksi, peradangan pada kulit atau pembuluh darah balik.