19 Dec 2020, 17:51Penyakit Lainnya

Apakah IgG reaktif karena virus corona?

AM
Info Penanya: AM0
sore dok, saya melakukan test rapid anti bodi dengan hasip igG reaktif dan igM non reaktif apakah aman untuk melakukan test di sebuah ruangan? apkaah virus itu corona atau yang lain?
1697 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat sore, AMTerima kasih atas pertanyaannya.Rapid test covid-19 dilakukan hanya sebagai penapisan bagi orang yang berpotensi terinfeksi virus corona.  Rapid test inilah upaya pemerintah dalam menekan angka penyebaran penyakit covid-19.  Rapid test covid-19 memiliki 2 jenis yaitu rapid test antibodi dan rapid test antigen.  Rapid test antibodi adalah pemeriksaan yang dilakukan dengan mendeteksi adanya antibody terhadap virus tertentu.

Interpretasi hasil reaktif pada rapid test :

  • Sedang terinfeksi virus corona/ SARS-CoV 2.
  • Adanya reaksi terhadap virus yang menyerupai.
Ketika IgG anda yang reaktif maka kemungkinan anda terkena infeksi dan sudah lebih dari 14 hari yang lalu dan perlu dilakukan pemeriksaan PCR.  Rapid test covid-19 tidak dapat mendeteksi jenis virus dan BUKAN sebagai alat diagnosa sehingga apapun hasilnya tetap perlu dilakukan konfirmasi dengan pemeriksaan PCR atau swab PCR agar diketahui apakah positif atau negatif covid-19.  Pemeriksaan yang dilakukan oleh tenaga medis sudah sesuai dengan protokol yang dibuat sehingga aman dilakukan.    

Cara mencegah penularan Covid-19 :

  • Lakukan protokol kesehatan yaitu menggunakan masker, menjaga jarak aman serta selalu mencuci tangan dengan benar.
  • Lakukan isolasi mandiri 14 hari kedepan. Tidak bepergian, gunakan kamar sendiri dan pisahkan alat makan dengan keluarga lain.
  • Konsumsi makanan bergizi dan tinggi nutrisi untuk menjaga daya tahan tubuh.
Jika ada keluhan sesak napas serta demam segera periksa ke fasilitas kesehatan khusus covid-19 untuk penanganan lanjutan. Semoga penjelasan ini bermanfaat. Salam sehat,dr. Farah.
infeksi viruskekebalan tubuhcoronavirus
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil