Test pack dengan garis satu tebal dan satu samar

RG Info Penanya: RG, Pria, 26 Tahun
Garis 1 tebal dan 1 garis nya samar samar pertanda apa ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, RG.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Test pack merupakan salah satu alat uji kehamilan yang dirancang secara praktis dengan cara kerja mendeteksi kadar hormon hCG (human chorionic gonadotropin) pada urine. Sedangkan hormon hCG sendiri adalah hormon yang yang identik dengan proses kehamilan karena diproduksi pada saat sel telur yang sudah dibuahi sperma melakukan implantasi atau menempel pada dinding rahim. Pada keadaan kehamilan, jumlah hormon hCG dapat meningkat setiap dua hingga tiga kali sehari sampai dua kali lipat dari kadar awalnya.

Cara penggunaannya test pack cukup sederhana, yakni :

  • Tampung urin/air seni pada wadah lalu masukan test pack ke dalam urin tersebut
  • Gunakan pipet untuk memindahkan sedikit urin ke bagian test pack yang telah ditentukan (sensitif terhadap hormon hCG)
  • Menempatkan test pack pada aliran urin saat Anda berkemih

Test pack dinyatakan memiliki tingkat akurasi hingga 99%, kendati demikian, test kehamilan yang paling akurat adalah test yang dilakukan dnegna sampel darah di laboratorium. 

Terkait dengan pertanyaan Anda tentang hasil test pack yang salah satu garisnya samar, dapat disebabkan oleh beberapa faktor, antara lainnya adalah :

  • Benar adanya kehamilan namun kadar hormon hCG di dalam tubuh belum meningkat secara singnifikan sehingga tidak terlalu terdeteksi
  • Adanya gangguan pada test pack
  • Adanya keguguran dini

Untuk sementara, Anda disarankan melakukan test pack satu minggu kemudian untuk menunggu kadar hormon hCG mengalami peningkatan yang signifikan apabila memang terjadi kehamilan, dan cobalah menggunakan beberapa merk atau tipe test pack untuk melakukan konfirmasi. Tidak lupa untuk memperhatikan instruksi penggunaan dengan seksama.

Apabila pengulangan penggunaan test pack telah dilakukan di minggu depan dan hasilnya masih samar, sebaiknya Anda mencoba pemeriksaan kehamilan dengan sampel darah di laboratorium dan memeriksakan diri secara langsung ke dokter Spesialis Kandungan untuk dilakukan pemeriksaan USG.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan SehatQ.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Alat tes kehamilan yang paling sering digunakan adalah test pack

Berbagai Jenis Alat Tes Kehamilan yang Bisa Menjadi Pilihan Anda

Test pack menjadi alat tes kehamilan yang paling sering digunakan karena keakuratannya juga yang mencapai 99 persen. Selain test pack, Anda juga dapat menggunakan alat tes kehamilan sendiri dengan bahan-bahan yang mudah didapat. Benarkah bahan-bahan ini bisa digunakan?