06 Jun 2021, 13:01Kandungan

Kenapa testpack positif tapi tidak ada kantung kehamilan?

KK
Info Penanya: KK0
Selamat siang dok, Saya sudah telat haid 5bulan, saat di test pack selalu menunjukan 2 garis positif, namun saat saya usg janin bahkan kantong janin pun tidak terlihat. Apakah yg mungkin saya alami dok? Apakah saya benar benar hamil atau tidak?
92 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat siang, KKTerima kasih atas pertanyaannya.Testpack yang positif artinya ada hormon kehamilan yang terdeteksi di urin.  Walaupun testpack positif kemungkinan besar karena hamil tetapi tetap memerlukan pemeriksaan USG guna memastikan apakah kantung kehamilan sudah terbentuk sebagai tanda pasti adanya kehamilan.  Kantung kehamilan ini akan terbentuk di usia kehamilan memasuki 6-9 minggu. 

Penyebab kantung kehamilan tidak ditemukan :

  • Pemeriksaan yang dilakukan masih terlalu dini atau usia kehamilan yang masih terlalu awal sehingga perlu dilakukan kontrol ulang USG.
  • Kehamilan ektopik dimana sel telur yang terbuahi tidak melekat pada dinding rahim tetapi pada bagian lain rahim contohnya saluran tuba. Kondisi ini akan mengakibatkan nyeri perut hebat atau perdarahan yang banyak.
  • Terjadi keguguran dini yang ditandai dengan hormon kehamilan yang menurun, perdarahan, dan kram perut.
Jadi bila hasil USG menunjukkan tidak terlihat kantung kehamilan, ada kemungkinan tidak ada kehamilan ataupun masih terlalu awal pemeriksaan sehingga diperlukan kontrol ulang USG beberapa minggu kemudian.  Untuk itu anda perlu memastikan hasil USG ini dengan dokter spesialis kandungan anda dan ikuti anjuran dokter, apakah diminta kontrol ulang dalam beberapa minggu atau sudah dinyatakan tidak terjadi kehamilan.   Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
kehamilantes kehamilanusg
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil