Test pack positif tapi keluar darah, apakah penyebabnya?

IN Info Penanya: IN
Assalamualaikum dok saya iin umur 22 tahun . Saya mau tanya dok , bulan kemarin saya datang haid tanggal 1 bulan ini tdk dtng haid saya test dgn testpack 3x hasilnya positif hari ini saya keluar darah dok . Gimana yah dok ?mohon penjelasannya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, I

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Kehamilan adalah kondisi yang diidamkan oleh mayoritas pasangan suami istri. Oleh sebab itu, adanya hasil positif saat melakukan tes kehamilan (tes pack) tentunya sangat menggembirakan bagi pasangan suami istri tersebut. Perlu diketahui bahwa tanda pasti dari kehamilan selain dengan tes kehamilan, juga bisa dideteksi dengan pemeriksaan fisik serta pemeriksaan USG kehamilan yang dilakukan oleh dokter spesialis kandungan. 

Munculnya bercak darah saat kehamilan, terutama pada awal masa kehamilan bisa disebabkan oleh beberapa hal mulai dari kondisi yang normal (seperti perdarahan implantasi) hingga yang membutuhkan penanganan karena membahayakan kesehatan ibu serta janin.

Perdarahan implantasi adalah suatu kondisi dimana munculnya bercak darah berwarna merah terang pada awal kehamilan. Perdarahan ini terjadi dikarenakan adanya calon janin (embrio) yang menempel pada rahim. Pada sebagian orang, kondisi ini menyebabkan perdarahan dan disebut dengan perdarahan implantasi. 

Umumnya perdarahan implantasi hanya berupa bercak, berwarna merah terang, tidak berupa gumpalan, tidak disertai dengan nyeri perut hebat dan tidak berlangsung lama (hanya beberapa jam atau paling lama hanya 3 hari).

Oleh sebab itu, sebaiknya segeralah periksakan diri Anda ke dokter spesialis kandungan terdekat agar dilakukan pemeriksaan fisik serta pemeriksaan USG kehamilan. Tindakan yang bisa Anda lakukan saat ini yaitu dengan melakukan istirahat tirah baring, hindari stres dan kelelahan, konsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang, hindari mengonsumsi lauk (ikan / daging / telur) mentah, perbanyak konsumsi sayur dan buah buahan, cukupi kebutuhan cairan harian Anda, serta jaga kebersihan diri dan area kewanitaan.

Semoga bermanfaat.


Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Manfaat senam hamil, yaitu dapat menurunkan risiko terjadinya komplikasi

Bukan Cuma Tren, Ternyata Ini Berbagai Manfaat Senam Hamil

Senam hamil kerap jadi tren di kalangan ibu hamil. Namun, tak hanya sekadar tren, ada berbagai manfaat senam hamil selama kehamilan hingga persalinan. Apa sajakah manfaat senam hamil?