Tes pack positif tapi mengeluarkan bercak darah, apakah penyebabnya?

FN Info Penanya: FN, Wanita, 28 Tahun
Selamat pagi dok, saya sdh telat menstruasi selama 1 minggu. Tetapi pada hari ke 8, keluar darah seperti menstruasi, waktu saya test pack pagi harinya, hasil menunjukan positif (ada dua garis merah). Yg saya tanyakan, apa darah tsb merupakan darah haid atau darah keguguran dok??
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Sore, F

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Terlambatnya siklus haid pada wanita yang sudah aktif melakukan hubungan seksual, kerap kali dikaitkan dengan adanya kehamilan. Hasil tes kehamilan positif, hasil pemeriksaan USG kehamilan serta hasil pemeriksaan fisik yang dilakukan oleh dokter merupakan tanda pasti dari kehamilan.

Adanya bercak darah yang muncul pada awal kehamilan bisa disebabkan oleh adanya perdarahan implantasi. Perdarahan implantasi merupakan suatu perdarahan yang normal terjadi ketika adanya embrio (calon janin) yang menempel pada dinding rahim wanita. Pada beberapa orang, kondisi ini menyebabkan timbulnya perdarahan. 

Adapun ciri-ciri dari perdarahan implantasi yaitu:

  • Perdarahan berupa bercak (sedikit) atau kerap disebut dengan flek
  • Berwarna merah terang atau kecoklatan
  • Hanya berlangsung singkat selama beberapa jam atau paling lama 3 hari
  • Tidak ada gumpalan

Keluhan yang Anda rasakan bisa dikarenakan adanya perdarahan implantasi atau bisa juga karena kondisi medis lain terkait pada organ reproduksi wanita. Terkait dengan keguguran, perdarahan yang muncul biasanya diikuti dengan nyeri perut hebat, keluarnya darah lebih banyak dan atau bisa berupa gumpalan. Untuk dapat memastikan penyebab dari perdarahan Anda sebaiknya periksakan ke dokter spesialis kandungan terdekat, agar dokter melakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan USG kehamilan.

Tetaplah mengonsumsi makanan yang bergizi siembang, hindari stres serta beristirahatlah dengan cukup.

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Lebih sering buang air besar jelang melahirkan merupakan tanda-tanda akan melahirkan.

Siapkan Diri Anda Bila Alami Tanda-tanda Akan Melahirkan Ini

Sering buang air besar menjelang melahirkan merupakan salah satu tanda-tanda akan melahirkan. Selain itu, tanda-tanda lainnya berupa sakit punggung, pecah ketuban, dsb.