23 Jun 2021, 22:29Kandungan

Apa penyebab cairan di rahim saat hamil muda?

MA
Info Penanya: MA0
"Halo dokter.... Sebelum nya saya haid tgl 14 mei... Tetapi smp tgl 23juni sya blum haid dan hsil test pack positif...sya sdh mlkukan pmeriksaan ke 2 dokter kandungan... Dan hasil ny sama... Di rahim saya terdpat cairan dan jg trdpat kantung rahim... Kira-kira mnurut dokter... Sya hamil atau malah ada penyakit lain? Saya takut dok... Krna sya sdh 6thn mnunggu khadiran buah hati ini?"
100 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat sore, MA                   Terima kasih atas pertanyaannya.Pemeriksaan USG kehamilan dilakukan saat kehamilan usia awal, trimester kedua serta saat menjelang persalinan untuk mengetahui perkembangan janin dan kesehatan ibu.  Saat awal kehamilan rata-rata USG dianjurkan saat usia kehamilan lebih dari 8 minggu agar dapat terlihat kantung kehamilan serta bakal janin.  Pada kondisi tertentu kadang akan ditemukan cairan bebas saat USG yang normal selama jumlahnya sedikit.  Namun jika jumlah terlalu banyak maka perlu tindakan lanjutan. 

Penyebab  cairan bebas di rahim :

  • Kehamilan ekstopik atau sel telur yang berkembang tidak di rahim namun terjadi di luar rahim. Keluhannya akan berupa perdarahan hebat hingga nyeri.
  • Endometriosis berupa jaringan dinding rahim yang muncul diluar dinding rahim sehingga menimbulkan keluhan seperti gangguan menstruasi, kram perut.
  • Perdarahan dari kantung kehamilan yang menandakan kemungkinan ancaman keguguran.
  • Kista pada rahim yang pecah.
  • Kehamilan anggur.
  • Fibroid rahim.
Bila testpack sudah positif dan ada kantung kehamilan maka memang sudah hamil hanya tinggal menunggu apakah janin berkembang atau tidak.  Jadi untuk memastikannya dengan melakukan pemeriksaan USG.  Sehingga bila sudah periksa, silahkan ikuti anjuran yang diberikan oleh dokter spesialis kandungan anda.  Apakah perlu dilakukan USG ulang ketika usia kehamilan lebih dari 9 minggu untuk melihat janin yang berkembang di kantung kehamilan atau perlu tindakan lanjutan untuk mengatasi cairan di rahim. Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
kehamilankistakeguguranmasalah kehamilankehamilan ektopik
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil