Test pack negatif tetapi ada flek darah, apa penyebabnya?

IR Info Penanya: IR
Assalamualaikum dok, sy mau nanya, sy udh 2 thn lebih TTC, haid terakhir 16 april, kemarin 11 mei sy spotting, sampai hr ini sy blm jg haid, yg sy rasakan sakit pinggang sampai ke kaki kdng2 naik ke punggung, vagina terasa ngilu, perut sy ngga rasa kram sama sekali, biasa nya 1 mgg sebelum haid perut udh terasa kram, tgl 15 mei sy cb test hasil negative, hr ini sy coba lg dan hsl negative jg, boleh dokter jelaskan kenapa, apa telat haid karna hamil atau gangguang haid ? Terimakasih ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang IR,

Flek coklat atau spotting adalah keluhan yang bisa terjadi tidak selalu karena menstruasi tetapi bisa terjadi karena beberapa penyebab seperti:

  • Tanda kehamilan ketika terjadi implantasi sel telur yang sudah dibuahi
  • Masalah hormonal
  • Gangguan organ reproduksi seperti adanya polip rahim, endometriosis, tumor jinak atau mioma uteri atau penyebab lain
  • Adanya peradangan vagina
  • Perdarahan pasca berhubungan seksual
  • Gejala Premenstrual Sindrom (PMS)

Untuk itu jika terlambat haid dan timbul flek atau spotting tetapi testpack negatif, bisa coba diulang pemeriksaannya dalam waktu 2 minggu.

Jika nantinya tetap negatif tetapi tidak juga menstruasi dan flek masih tetap timbul, maka sebaiknya dilakukan pemeriksaan pada dokter spesialis kandungan dan kebidanan untuk memastikan apa penyebabnya.

Nantinya bisa dilakukan pemeriksaan USG dan pemeriksaan lain yang diperlukan dan diberikan penanganan lebih lanjut baik pemberian obat untuk merangsang menstruasi ataupun pemberian obat untuk menghentikan flek perdarahan jika masih timbul ataupun jika timbul perdarahan berlebihan.

Upayakan juga menjaga pola hidup yang sehat seperti cukup tidur dan istirahat, hindari stres fisik dan stres mental, olahraga rutin dan bisa konsumsi makanan yang bernutrisi agar membantu melancarkan haid. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Peran dan fungsi endometrium pada tubuh wanita sangat penting karena terkait dengan proses reproduksi

Pentingnya Peran dan Fungsi Endometrium dalam Tubuh Wanita

Tahukah Anda bahwa peran dan fungsi endometrium pada tubuh wanita sangat penting karena berkaitan erat dengan proses reproduksi? Baca selengkapnya di sini!