15 Sep 2021, 12:53Pernapasan

Test Mantoux pada anak

E
Info Penanya: E0
Dok, saya memiliki kekhawatiran terhadap anak saya mengidap tuberkulosis. Lalu, saya disarankan untuk melakukan Test Mantoux pada anak. Apakah ini salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mendeteksinya? Lalu, apa prosedur dan waktu yang tepat untuk melakukan Test Mantoux pada anak?
48 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Evelin Kwandang
(0)
Halo E,Cara mendiagnosis Anak mengalami TBC umumnya dapat dimulai dari batuk berdahak yang sulit untuk dikeluarkan dan sudah berlangsung lama, serta sudah melakukan pengobatan dengan antibiotik namun keluhan belum juga sembuh.

Pemeriksaan untuk penyakit TBC anak

Gejala khas TBC adalah batuk dan demam lebih dari 2 minggu yang tidak kunjung sembuh, dan terjadi masalah berat badan yang turun atau tidak naik dalam 2 bulan. Sebenarnya pemeriksaan ideal untuk penyakit TBC adalah dengan tes dahak namun sering terjadi dahak tidak dapat diperiksa sehingga pemeriksaan lain yang dapat dilakukan adalah dengan foto rontgen dada, tes mantoux, dan tes darah LED (laju endap darah).

Kapan perlu tes mantoux

Pemeriksaan mantoux untuk anak membantu menentukan apakah anak positif TBC, jika hasil positif maka selanjutnya anak perlu diobati dengan terapi OAT (obat anti tuberkulosis). TBC umumnya menular dari orang yang kontak erat dengan anak, untuk itu jika tidak diketahui adanya riwayat kontak antara anak dengan pasien TBC paru, serta hasil rontgen dan mantoux menunjukkan hasil negatif, maka anak yang sudah bergejala tetap harus diobservasi selama 2 minggu. Tes mantoux yang negatif tidak dapat menyingkirkan kemungkinan TBC paru, misalnya jika anak baru saja terpapar TBC sehingga tubuh belum bereaksi terhadap bakteri, atau anak memiliki daya tahan tubuh lemah misalnya mengidap penyakit imun. Yang terpenting, lakukan pemeriksaan ini dan konsultasi ke dokter anak jika sudah ada keluhan batuk dan demam yang tidak kunjung sembuh selama 2minggu dan sudah melakukan pengobatan dengan antibiotik namun keluhan tidak juga membaik.Salam sehat
dr. Evelin Kwandang
penyakit paru-parutbctuberkulosis
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil