28 May 2020, 20:04Infeksi

Tes darah apa bisa menentukan kehamilan?

NK
Info Penanya: NK, Pria, 15 Tahun
Dok mau bertanya...Saya sudah telat haid 5 hari,dan hari ini saya ke rs di tes urin& darah.Perut bagian kanan bawah saya keras.lalu di test darah lekosit 7,4, hemoglobin 14,3, trombosit 297 hematokrit 42,4,lalu bakteri + 1 konstipasi lunak-padat urin warna kuning tua.Nah saya mau bertanya saya juga lg telat haid, di test darah tersebut dibilang (-) kehamilan.Apa saya tidak hamil dok?Soalnya saya niatnya di test tuh krena perut doang apa ketauan juga di test darah lg hamil atau tidak?
18587 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Vina Liliana
(0)
Selamat siang NK,Tes untuk menentukan kehamilan bisa dari urin atau dari darah. Tes paling sederhana adalah tes pack menggunakan urin yang pertama kali keluar saat pagi hari. Idealnya tes pack ini dilakukan 7 hari setelah terlambat haid, karena pemeriksaan yang terlalu dini akan menimbulkan hasil yang kurang akurat akibat hormon kehamilan belum terlalu banyak.Sedangkan tes darah yang Anda lakukan adalah tes darah lengkap hanya untuk menentukan nilai sel darah merah, dan ada tidaknya infeksi, jadi tidak bisa mendeteksi apakah sedang hamil atau tidak. Bila Anda ingin menentukan kehamilan dari cek darah maka Anda harus periksa hormon beta hCG.Saran saya Anda lakukan tes pack jarak 1 minggu kemudian menggunakan urin pagi, dan baca hasilnya sesuai petunjuk yang ada untuk memastikan sedang hamil atau tidak.Perihal keluhan nyeri perut dan adanya bakteri serta urin yang berwarna kuning tua menandakan Anda sedang mengalami infeksi saluran kemih.

Yang perlu Anda lakukan untuk mengatasi keluhan infeksi saluran kemih tersebut adalah:

  • Banyak minum air putih minimal 2 liter/ hari.
  • Hindari kebiasaan menahan kencing.
  • Minum paracetamol untuk meredakan nyerinya.
  • Kompres perut yang sakit menggunakan air hangat.
  • Biasakan membasuh kelamin dari depan ke belakang dan dilap kering setelahnya.
Anda bisa melakukan USG ke dokter kandungan bila Anda kurang yakin dengan hasil tes pack ulang yang Anda lakukan.Salam sehat,dr. Vina
kehamilaninfeksi saluran kemihcara menggunakan test pack
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil