Testpack satu nyata satu samar, bagaiamana ?

RS Info Penanya: RS, Pria, 1 Tahun
Dok istir sya tes kehmilan dan hasil nya garis satu bawah fositif atu negatif
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, RS.

Test pack adalah jenis alat uji kehamilan sederhana dengan cara kerja mendeteksi kadar hormon hCG (human chorionic gonadotropin) yang kadaranya signifikan dalam urine. Hormon hCG sendiri merupakan hormon yang diproduksi pada saat sel telur yang telah dibuahi sperma dan membentuk bakal janin kemudian melakukan implantasi atau menempel pada dinding rahim. Dalam kehamilan, hormon hCG jumlahnya akan meningkat setiap dua sampai tiga kali sehari hingga dua kali lipat dari kadar awalnya.

Test pack terbukti memliki tingkat akurasi yang mencapai 99%. Namun demikian, test kehamilan yang paling akurat adalah test kehamilan yang menggunakan sampel darah di laboratorium. 

Mengenai keadaan yang dialami istri Anda berupa test pack yang salah satu garisnya samar, berikut beberapa faktor penyebabnya :

  • benar terjadi kehamilan namun kadar hormon hCG di dalam tubuh belum meningkat secara singnifikan 
  • adanya gangguan pada test pack
  • adanya keguguran dini atau gangguan kehamilan lainnya

Untuk itu, membutuhkan waktu setidaknya satu minggu lagi untuk kembali melakukan testpack agar hasilnya lebih akurat. Jika setelah satu minggu hasil test pack masih samar, ada baiknya memeriksakan istri Anda dengan metode tes kehamilan dengan sampel darah di laboratorium atau dengan pemeriksaan USG oleh dokter Kandungan.

Salam sehat, 

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Morning sickness pada malam hari

Lakukan Hal Berikut Saat Morning Sickness di Malam Hari

Morning sickness tidak hanya terjadi di pagi hari melainkan juga dapat terjadi di malam hari. Kondisi ini tentu dapat mengganggu kenyamanan dan waktu tidur ibu hamil.