16 Feb 2021, 09:02Kandungan

Ada beberapa keluhan kandungan, sebenarnya hamil tidak ya?

AN*
Info Penanya: AN*, Wanita, 26 Tahun
Asslmlkm dok saya mau tanya..HPht saya16 desember 2020..24 januari sayang tespek,tampak hasil 2 garis tp samar,,tgl 27 januari saya ulang tespek hasil 2 garis sudah terlihat jelas.. tgl 28 saya usg katanya belum terlihat,,disuruh kembali 2 minggu kemudian..pada tgl 15 feb sy usg kembali,,katanya dr hasil usg uk saya kira2 baru 4 minggu,smentara dr hitungan HPhT harusnya 8 minggu..seminggu terakhir saya sering keluar flek dok,dan kram d perut bawah sekali2..sy hamil ato enggak dok?
720 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat sore, C.Kehamilan adalah kondisi ketika seorang wanita mengandung janin di dalam rahimnya. Biasanya, kehamilan akan dialami selama 40 minggu, dan diakhiri dengan proses persalinan.

Serba-Serbi Kehamilan

Mengenai kondisi Anda, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan:

1. Usia kehamilan Anda

Apabila HPHT-nya 16 Desember 2020, maka kemarin (15 Februari 2020), usia kehamilan Anda menurut HPHT adalah 8-9 minggu.

2. Janin belum terlihat pada saat hasil USG pertama

USG pertama Anda dilakukan tanggal 28 Januari 2020, yang usia kehamilannya menurut HPHT adalah 6-7 minggu. Pada saat ini, memang wajar apabila janin belum terlihat, melainkan hanya kantung kehamilan yang muncul.

3. Usia HPHT dan USG berbeda

Hal ini dapat merupakan hal yang wajar ataupun tidak. Apabila perbedaan usianya dekat, maka hal tersebut masih normal. Sebaliknya, apabila perbedaannya cukup jauh, maka mungkin ada sesuatu; dan Anda dapat mengonsultasikannya langsung ke dokter kandungan pada saat proses USG tersebut.

4. Keluar flek dan kram perut bawah

Gejala ini juga dapat merupakan sesuatu yang normal ataupun tidak. Dikatakan normal apabila penyebabnya adalah perubahan hormon saat hamil. Tapi, apabila disebabkan oleh hamil anggur, janin tidak berkembang, atau kemungkinan keguguran; maka abnormal.

Jadi, Hamil atau Tidak?

Mengenai pertanyaan Anda, saat ini Anda hamil. Tapi, perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk mengetahui normal atau tidaknya kehamilan Anda. Untuk itu lakukan kontrol secara teratur kepada dokter Anda, dan usahakan untuk senantiasa menjaga janin dengan maksimal. Batasi aktivitas fisik yang melelahkan, konsumsi makanan bergizi seimbang dan suplementasi yang dibutuhkan. Semoga bermanfaat. Salam sehat, 
dr Sylvia
hamilkehamilanusg
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil