Tespek positif samar tapi menstruasi

NZ Info Penanya: NZ
Pagi dok, 14 Juli kemarin saya tespek shubuh, garisnya itu positif 2 tapi satunya samar dan sudah 2 bulan saya telat. Pada saat sebulan telat sy usg tapi tdk ada tanda kehamilan dan normal, jadinya sy cuma diberikan resep norelut. Setelah 2 bulan telat saya tespek krn sy sering pusing dok, nah setelah tespek shubuhnya itu pas pagi harinya sekitaran jam 8 keluar darah dok smpai sekarang seperti haid. Kemarin saya konsul usg intravaginal katanya ada, Tapi disuruh tespek lagi tapi negatif
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang NZ,

Testpack adalah tes kehamilan yang mudah dilakukan, cepat dan juga akurat. Pemeriksaan ini akan mendeteksi adanya hormon hCG yang meningkat ketika hamil dan bisa dideteksi dari urine. Meskipun begitu, testpack tidak bisa dijadikan patokan utama hamil tidaknya seseorang karena perlu dipastikan dengan pemeriksaan USG. 

Testpack positif samar sendiri bisa disebabkan oleh kadar hormon hCG yang belum banyak terdeteksi ataupun bisa karena alat yang menguap sehingga menimbulkan garis yang samar. Apabila timbul perdarahan tetapi tidak banyak atau hanya berupa flek, bisa merupakan perdarahan implantasi. 

Apabila sudah dilakuan USG dan dinyatakan hamil tetapi hasli testpack kembali negatif, ada baiknya mengulang pemeriksaan dalam waktu 2 minggu kedepan. Upayakan menjaga kesehatan diri dengan cara:

  • Perbanyak istirahat
  • Hindari aktivitas berat 
  • Minum asam folat
  • Hindari stres
  • Jaga pola makan dan asupan makan

Jika timbul nyeri perut bawah, nyeri punggung ataupun perdarahan yang deras seperti menstruasi maka perlu segera diperiksakan karena bisa tanda adanya gangguan ataupun ancaman keguguran bila terjadi kehamilan. Kami juga menyarankan agar bisa meminta opini kedua dari dokter spesialis kandungan lain mengenai kondisi Anda. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Flek saat hamil muda bisa menjadi pertanda gejala dari komplikasi kehamilan

Bumil Perlu Waspada, Inilah Penyebab Flek Saat Hamil Muda

Flek saat hamil muda adalah hal yang umum terjadi. Namun kondisi ini bisa merupakan gejala dari komplikasi kehamilan seperti pendarahan, iritasi, bahkan keguguran.