Hasil testpack samar, apakah hamil?

LS Info Penanya: LS, Wanita, 21 Tahun
Tespek dua garis samar tapi datang bulan
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, L.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Test pack adalah alat pemeriksaan yang digunakan untuk mengetahui apakah seseorang hamil atau tidak. Alat ini mendeteksi hormon HCG di dalam tubuh seseorang lewat air seni. Hormon HCG itu sendiri merupakan hormon yang dihasilkan tubuh saat terjadi pembuahan di dalam rahim dan meningkat seiring berjalannya waktu. Cara penggunaan test pack itu sendiri adalah dengan menampung urin pagi hari di wadah, lalu celupkan alat test pack ke dalam urin tersebut selama satu menit. Dan tunggu hasilnya selama 3 menit, maka akan muncul indikator berupa “Ya” atau “Tidak”, satu atau dua garis, simbol + atau -, dan kata “Hamil” atau “Tidak hamil”. Itu tergantung dari jenis test pack yang digunakan.

Penggunaan test pack yang tepat sebaiknya saat telat menstruasi. Telat menstruasi bisa menjadi tanda kehamilan. Bila hasilnya positif hamil, maka akan timbul garis merah  dua pada stick test pack. Tetapi, terkadang juga muncul tanda samar pada garus tersebut. Jika samar, maka hasilnya dapat dikatakan tidak akurat. Sebaiknya dilakukan test pack ulang lagi sekitar lima hari kemudian.

Jika datang bulan yang Anda maksud disini merupakan flek-flek, maka kemungkinan itu tanda implantasi janin di rahim. Sebaiknya lakukan test pack ulang sekitar tiga hari kemudian atau segera periksakan diri Anda ke dokter kandungan. Tetapi, jika hasilnya samar dan Anda mengalami menstruasi selama beberapa hari, berarti itu bukan tanda kehamilan. 

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ketahui cara menggunakan test pack yang baik dan benara agar bisa mendapat hasil akurat.

Cara Menggunakan Test Pack yang Tepat untuk Hasil Akurat

Test pack membutuhkan air seni guna memprediksi kehamilan dengan tingkat akurasi 99%. Waktu yang paling tepat untuk test pack ialah saat Anda terlambat menstruasi.