06 Oct 2020, 18:19Kandungan

Bagaimana cara mengetahui usia kehamilan?

FD
Info Penanya: FD0
Assalamualaikum dokter saya mau berceritaterlebih dahulu, saya kalo haid jarak dari haid bulan ini kebulan berikutny 45hari apakah masih dibatas normal. Nahh apakah itu mempengaruhi dengan umur kehamilan jika masa haid itu lebih dari 30hr ohyaa saya kalo haid tidak lebih dari 7hari. Jadi ini saya terakhir haid tangga 19-8-2020 dan jika hamil sudah masuk 7minggu tapi belum terlihat kantong kehamilan apakah karena jangka haid saya yang panjang maka umur kehamilan saya jd bukan 7minggu ? Dijawab do
336 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat pagi, FTerima kasih atas pertanyaan AndaSecara normal siklus haid wanita berkisar antara 21 -35 hari. Sedangkan lamanya haid normal adalah berkisar 3- 7 hari. Ketika seorang wanita mengalami terlambat haid dan ada riwayat melakukan hubungan seksual sebelumnya, salah satu kemungkinan penyebabnya adalah karena adanya kehamilan. Untuk dapat mengetahui usia kehamilan, dapat dilakukan beberapa cara.

Adapun cara yang dilakukan untuk menghitung usia kehamilan adalah:

  • Metode Last menstrual period (LMP)
    Metode ini kerap dianggap dengan metode manual dengan perhitungan hari pertama haid terakhir (HPHT). Perhitungan dengan metode ini hanya akan akurat ketika wanita mempunyai siklus yang berkisar 28 hari. 
  • Menggunakan alat scanning atau USG kehamilan
    USG kehamilan adalah suatu alat scanning yang digunakan untuk mengetahui usia kehamilan, kondisi kesehatan janin, pertumbhan dan perkembangan janin, jenis kelamin janin dan lain sebagainya. Alat ini menggunakan gelombang suara dengan frekuensi tinggi.
Terkait dengan apa yang Anda tanyakan, jika siklus haid Anda 45 hari maka kondisi ini tidak normal (normalnya 21 - 35 hari). Hal ini dapat disebabkan oleh beberapa kondisi seperti keadaan hormon pada tubuh, stres, kecemasan, atau karena adanya kondisi kesehatan lain pada organ reproduksi wanita. Karena siklus haid Anda 45 hari, untuk perhitungan usia kehamilan, disarankan menggunakan USG kehamilan yang dilakukan oleh dokter spesialis kandungan terdekat agar hasilnya lebih akurat.

Agar ibu hamil dan janin tetap sehat, lakukanlah hal berikut:

Semoga bermanfaat.
Salam sehat,
 dr. Dwiana A
menjaga kehamilannutrisi ibu hamilhamilkehamilan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil