Hasil test pack kenapa berbeda?

SN Info Penanya: SN, Wanita, 1 Tahun
Selamat pagi.Dok saya mau bertanya 8bulan yang lalu saya hamil 3 kali tespek hasil nya positif. Dan saya tdk puas Dengan hasil itu saya pun segera cek usg dan kata dokter. Hasil nya ada janin. Semenjak saya usg kan sudah ketauan hamil. Jadi saya tdk cek ulang smpai sekarang.terus di karenakan perut saya tdk membesar dan tdk ada gerak gerak jadi. Jadi sya iseng tespek tapi kok hasil nya positifTolong penjelasan nya ya dok terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, SN.

 

Pemeriksaan kehamilan dengan menggunakan test pack dapat dipengaruhi oleh berbagai macam faktor. Pemeriksaan ini juga sangat mengandalkan kadar hormon beta HCG di mana hormon ini akan meningkat pada saat wanita hamil dan akan terbaca melalui pemeriksaan urin. Hormon ini akan meningkat jumlahnya ketika sel telur telah dibuahi dan menempel pada dinding rahim di mana rentang waktunya antara 7-10 hari setelah terjadinya pembuahan.

Dalam menggunakan test pack ada beberapa hal yang harus diperhatikan:

  • Test pack hanya bisa memberikan hasil positif jika kadar hormon kehamilan dalam urin cukup tinggi.
  • Hasil positif pada pemeriksaan test pack hampir selalu benar sementara hasil negatif biasanya tidak terlalu akurat sehingga dibutuhkan pemeriksaan berulang kali. Jika dalam pemeriksaan Anda memperoleh hasil negatif, ulang kembali pemeriksaan tersebut 3-7 hari kedepan.

Beberapa hal yang dapat membuat hasil pemeriksaan test pack menjadi negatif antara lain:

  • Pemeriksaan test pack dilakukan terlalu cepat sehingga hormon beta HCG belum dapat terdeteksi di dalam urin.
  • Alat test pack yang digunakan kurang sensitive
  • Alat test pack kadaluarsa
  • Urin terlalu terdilusi, hal ini dapat terjadi jika pemeriksaan dilakukan bukan pada urin pertama di pagi hari dan pemeriksaan dilakukan setelah minum air dalam jumlah yang banyak.

Kadar hormon HCG yang rendah di dalam urin dapat disebabkan oleh:

  • Usia kehamilan yang masih terlalu muda
  • Wanita yang memiliki berat badan berlebih
  • Kehamilan di luar rahim
  • Hamil anggur
  • Kehamilan kosong atau blighted ovum
  • Aborsi spontan

Terkait dengan kondisi Anda sebaiknya Anda tetap melakukan pemeriksaan USG kandungan kembali ke dokter spesialis kandungan mengingat hasil USG lebih memberikan kepastian untuk melihat adanya tanda kehamilan dibanding dengan pemeriksaan test pack.

Semoga bermanfaat, terima kasih atas pertanyaan Anda di forum SehatQ

Salam sehat, 

 

dr. Sri Wulantini

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh SN
01 May 2020, 09:27
Selamat pagi.Dok saya mau bertanya 8bulan yang lalu saya hamil 3 kali tespek hasil nya positif. Dan saya tdk puas Dengan hasil itu saya pun segera cek usg dan kata dokter. Hasil nya ada janin. Semenjak saya usg kan sudah ketauan hamil. Jadi saya tdk cek ulang smpai sekarang.terus di karenakan perut saya tdk membesar dan tdk ada gerak gerak jadi. Jadi sya iseng tespek tapi kok hasil nya negatif
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
02 May 2020, 08:30
Selamat pagi SN,
Kemungkinan kondisi Anda bisa disebabkan oleh kelainan perkembangan janin, blighted ovum, masalah pada sel telur atau hal lainnya, saran saya untuk memastikannya Anda lakukan pemeriksaan lebih lanjut ke dokter kandungan.
Salam sehat.
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Mengonsumsi makanan penguat kandungan seperti sayuran hijau dapat membantu janin berkembang dengan maksimal

Hamil Muda? Coba Perbanyak Konsumsi 10 Makanan Penguat Kandungan Ini

Selain makanan penguat kandungan, ibu hamil harus lebih selektif dengan hanya mengizinkan makanan bergizi saja masuk ke tubuh.