Tes Kesehatan (MCU) Buruk, Apa Selanjutnya?

SH Info Penanya: SH, Pria, 46 Tahun
Dok, 2 minggu yang lalu saya baru saja melakukan MCU rutin dengan hasil sebagai berikut. 1. EKG ok, 2. ECHO ok, 3. Tredmill ada menurut dokter hasilnya kurang bagus 4. CTScan menurut dokter Jantung indikasi penyumbatan jantung bagian atas. 5. Setelah diinformasikan demikian saat ini saya sering cemas, jatung berdebar, Punggung saya sering nyeri dan menyebabkan saya stress. Saya dijadwalkan untuk melakukan kateter jantung dan saya sangat cemas kalau hasilnya tidak bagus.Apa yang saya harus lakukan, Dokter? Saya diberi obat: Clopidogrel 75 mg, Bisoprolol 5 mg, Imvastatin, Itrokaf retard, Concor 2,5 mg, atas jawaban dokter dalam hal ini saya ucapkan terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Dear Bapak SH,

Adalah tindakan prefentif yang sangat baik yaitu melakukan MCU setiap tahun secara rutin, untuk kepentingan kontrol kesehatan Bapak.

Sangat penting saat ini adalah kondisi jiwa yang tenang dan tidak stress. Saran kami sebaiknya sebelum melakukan tindakan kateter yang disarankan, sebaiknya Bapak mencari pendapat lain (second opinion) ke Dokter Spesialis Jantung (SpJP) terdekat lainnya. Bawa semua hasil pemeriksaan MCU dan obat yang diminum saat ini dan berkonsultasilah secara mendalam dengan Dokter.

Bila dibutuhkan Bapak sebaiknya minta obat untuk menenangkan atau obat anti cemas dari Dokter. Karena stress dan kecemasan akan menjadi lebih memperberat sakit yang dirasakan.

 

Salam Sehat

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Workaholic yang bekerja lebih dari 55 jam per minggu memiliki risiko 13% lebih besar terkena serangan jantung

Workaholic: Penelitian Membuktikan Bahwa Gila Kerja Bisa Sebabkan Mati Muda

Penelitian menunjukkan bahwa seorang workaholic bisa mengalami masalah yang lebih besar dari serangan jantung atau bahkan stroke.Terutama jika bekerja lebih dari 55 jam per minggu memiliki risiko 13% lebih besar untuk serangan jantung, dan 33% lebih menderita stroke.