Tes kehamilan dengan hasil samar, apakah hamil?

HD Info Penanya: HD, Wanita, 27 Tahun
Selamat pagi dok. Saya mau bertanya, kemaren saya tespack dan hasilnya satu garis tebal dan yg satunya lagi garisnya samar. Apakah saya hamil apa tidak?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang HD,

Untuk bisa mengetahui hamil atau tidak bisa dilakukan beberapa pemeriksaan tes kehamilan. Yang paling mudah adalah dengan menggunakan alat testpack dimana alat testpack akan menilai ada tidaknya hormon hCG dalam urine yang akan diproduksi tubuh dan meningkat tajam saat terjadi kehamilan.

Pada pemeriksaan testpack ada beragam jenis alatnya ada yang digital ataupun ada yang berupa stik yang dicelupkan ke urine. Pada pemeriksaan ini bisa dijumpai hasil samar, hasil samar sendiri bisa terjadi karena prosedur pemeriksaan yang kurang tepat, kadar hCG yang belum terdeteksi sempurna ataupun bisa karena alatnya yang menguap sehingga menimbulkan hasil positif palsu ataupun samar.

Untuk itu apabila didapatkan hasil samar, bisa mengulang kembali pemeriksaan testpack dalam 2 minggu. Apabila hasilnya tetap samar atau positif bisa dipastikan dengan pemeriksaan USG. 

Perhatikan juga ada tidaknya tanda kehamilan lain yang terjadi pada tubuh seperti:

  • Mengalami morning sickness atau mual dan muntah di pagi hari
  • Mengalami masalah menstruasi seperti terlambat haid 
  • Keluar flek darah
  • Payudara menjadi lebih sensitif dan nyeri
  • Mudah lelah
  • Lebih sering buang air kecil
  • Lebih peka terhadap aroma tertentu

Untuk itu tidak perlu khawatir jika terlambat haid dan hasil pemeriksaan tespack samar. Periksakan diri pada dokter spesialis kandungan dan kebidanan untuk memastikan hamil tidaknya ya. Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kembali hamil saat menyusui sangat mungkin terjadi selama ibu sudah kembali masuk masa subur

Kembali Hamil Saat Menyusui, "Kebobolan" yang Sering Terjadi

Pada tiga bulan pertama usia bayi, kemungkinan hamil saat menyusui nol persen. Namun setelah itu, risiko hamil semakin besar.