Tes HIV setelah 7 tahun melakukan hubungan beresiko

CP Info Penanya: CP, Pria, 39 Tahun
pagi dok,setelah 7 tahun dr melakukan hubungan beresiko kemudian hasil tesnya negatif,apakah artinya tidak tertular hiv?mohon jawabannya terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam CP,

HIV adalah infeksi virus yang menyerang daya tahan tubuh yang bisa menular melalui beberapa cara yaitu dari hubungan seksual tanpa pengaman dengan orang yang memiliki infeksi virus HIV, melalui jarum suntik yang tercemar yang digunakan bersama terutama pada pengguna narkoba suntik, melalui produk darah yang tercemar virus HIV ataupun bisa melalui ibu kepada bayinya baik saat didalam kandungan ataupun saat dilahirkan.

Untuk mengatahui terinfeksi atau tidak bisa dilakukan tes HIV paling cepat setelah 21 hari melakukan kegiatan beresiko dan idealnya setelah 3 bulan. Apabila sudah 7 tahun lalu maka hasilnya saat ini artinya tidak tertular HIV dari kegiatan sebelumnya. Meskipun begitu tetap perlu menghindari kegiatan-kegiatan yang beresiko terjadinya penularan virus HIV.

Untuk menghindari atau mencegah penularan virus HIV beberapa hal yang bisa dilakukan diantaranya adalah:

  • Setia pada satu pasangan dan hindari berganti pasangan seksual
  • Gunakan pengaman seperti kondom ketika melakukan hubungan seksual
  • Menghindari penggunaan narkoba
  • Hindari penggunaan jarum suntik atau produk darah yang tercemar
  • Apabila melakukan tindakan beresiko perlu segera memeriksakan diri agar bisa dilakukan pencegahan seperti dengan pemberian obat profilaksis untuk mencegahnya, tapi obat ini hanya efektif jika diberikan pada rentang waktu tertentu

Apabila kurang yakin dengan hasilnya, Anda bisa mengulangi pemeriksaannya dalam waktu 3-6 bulan kedepan. Tetap berupaya tidak melakukan kembali kegiatan beresiko dan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat untuk mencegah kemungkinan penularan penyakit terutama infeksi HIV. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tips aman berhubungan seks dengan penderita HIV

Kenali Tips Aman Berhubungan Seks dengan Penderita HIV

Berhubungan seks dengan penderita HIV perlu dilakukan dengan cara yang aman agar virus tidak menular. Kondom merupakan salah satu cara pencegahan yang aman.