05 May 2021, 23:00Kandungan

Apakah ibu hamil bisa tes DNA, berapa biayanya ?

DN
Info Penanya: DN0
Dok saya mau tanya apakah bisa tes DNA bisa dilakuan saat janin masih di dalam kandungan jika bisa dimana rumah sakit yang bisa dan biayanya sekitar berapa? Trimakasih
3738 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat pagi, D.Salah satu cara untuk memastikan siapa orangtua kandung dari seorang anak adalah dengan tes DNA. Tes DNA dapat dilakukan walau janin belum dilahirkan. Tes DNA banyak diminta oleh orang yang tidak yakin akan anak dikandung dari pasanganya, riwayat wanita sering berhubungan intim dengan orang lain, usia kehamilan yang berbeda dari usia pernikahan bahkan tak jarang pula anak yang meminta tes DNA karena curiga merupakan anak angkat dari orangtuanya.

Apakah ibu hamil bisa melakukan tes DNA janin yang dikandungnya ?

Ibu hamil bisa melakukan tes DNA janin yang dikandungnya dengan beberapa cara antara lain :
  • Pemeriksaan darah ibu yang terdapat sebagian genetik janin (NIPT) dapat diperiksa saat ibu hamil trimester pertama.
  • Pemeriksaan jaringan plasenta atau disebut dengan chorionic villus sampling/CVS dimana pemeriksaan dilakukan saat usia kehamilan diatas 10 minggu.
  • Pemeriksaan air ketuban saat usia kehamilan trimester kedua.
Ketiga cara ini dapat dilakukan oleh dokter kandungan yang ahli dengan berbagai risiko seperti keguguran, infeksi pada janin, perdarahan, kecacatan, sehingga perlu dipertimbangkan baik serta buruknya. Selain itu, hasil tes DNA akan mempengaruhi psikologi ibu hamil. Ibu hamil yang stress akan menganggu pertumbuhan dan perkembangan janin, dan tak jarang dapat jatuh menjadi depresi hingga keinginan bunuh diri. 

Berapa harga tes DNA di Indonesia pada ibu hamil ?

Rentang harga tes DNA di Indonesia pada ibu hamil sekitar 7 hingga 10 juta tergantung tindakan yang dipilih dan dokter yang melakukan. Anda dapat menuju rumah sakit besar dengan fasilitas lengkap. Jangan lupa untuk konsultasi setiap tindakan yang akan Anda lakukan ke dokter spesialis kandungan.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
menjaga kehamilantes kehamilanpemeriksaan kehamilan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil