Tes DNA di mana?

SU Info Penanya: SU, Pria, 1 Tahun
dok saya mau bertanya...di rumah sakit mana saya bisa melakukan tes DNA
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang SU,

Tes DNA adalah pemeriksaan yang dilakukan untuk mendeteksi adanya penyakit keturunan, dan garis keturunan. Tes DNA ini sering dilakukan untuk mendeteksi adanya cacat bawaan pada janin, adanya risiko kanker, atau untuk menentukan garis keturunan untuk mengetahui siapa ayah biologis seorang anak.

Pemeriksaan ini bisa menggunakan sample dari darah, urin, rambut, air liur, sperma, dll. Namun pemeriksaannya tidak semudah dan sesederhana itu dan tentunya biaya yang dikeluarkan juga mahal bisa mencapai di atas 8 juta tergantung masing-masing Rumah Sakit. Dan proses pengerjaannya butuh waktu lama hingga 2-4 minggu. Beberapa pemeriksaan membutuhkan pemeriksaan di luar negeri karena keterbatasan fasilitas.

Untuk melakukan pemeriksaan DNA Anda bisa melakukan di Rumah Sakit dengan tipe A yang ada di kota Anda. Bila sekiranya belum tersedia fasilitas tersebut, maka sample akan dikirim ke kota yang lebih besar hingga ke luar negeri tergantung sejauh apa pemeriksaan yang Anda inginkan.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ibu harus tahu cara menghangatkan ASI menggunakan penghangat ASI

3 Cara Menghangatkan ASI yang Aman

Bagi ibu bekerja, tentu familiar dengan aktivitas memerah dan paham betul cara menyimpan ASI perah agar tetap terjaga kualitasnya. atu lagi yang wajib diketahui adalah bagaimana cara mengoperasikan penghangat ASI ketika akan memberikan ASI perah kepada si kecil.