Apa ciri-ciri rhinitis alergi?

RR Info Penanya: RR, Wanita, 23 Tahun
Saya sering mengalami bersin bersin berlebihan dan terkadang di iringi dengan batuk pada saat pagi hari, cuaca dingin, dan terkena debu apakah itu termasuk polip atau alergi dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, R.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Bersin dan batuk di pagi hari merupakan ciri-ciri dari penyakit rhinitis alergi atau hay fever. Rhinitis alergi merupakan suatu kondisi yang mirip dengan flu seperti hidung tersumbat dan berair, mata terasa gatal, bersin, kelelahan dan sakit kepala. Penyebabnya adalah karena sistem kekebalan tubuh bereaksi terhadap alergen seperti debu, tungau, jamur, spora, perubahan sushu, bulu binatang, dll. 

Untuk mendiagnosis rhinitis alergi, biasanya dilakukan pemeriksaan tes darah alergi dan tes tusukan kulit yang dilakukan oleh dokter. Untuk mengobatinya, Anda bisa mengkonsumsi obat antihistamin dari dokter, membersihkan saluran hidung dengan larutan garam, menggunakan semprotan hidung yang direkomendasikan oleh dokter, dan imunoterapi.

Agar rhinitis alergi Anda ini tidak kambuh, sebaiknya hindari pencetus yang tadi sudah disebutkan dan menjaga suhu ruangan agar tidak terlalu dingin. Jika bepergian keluar rumah, bisa menggunakan masker penutup hidung dan mulut.

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gejala polip hidung yang paling umum adalah hidung sering mampet, seperti sedang flu

Mengenal Gejala Polip Hidung, Salah Satu Penyebab Sinusitis

Polip hidung adalah benjolan yang tidak bersifat kanker. Namun Anda wajib mengenali gejala polip hidung dan pencegahannya agar tidak mengakibatkan infeksi sinus atau sinusitis.