Terlambat haid, pasca melahirkan 3 bulan, karena apa ?

CR Info Penanya: CR
Halo dok, saya mau bertanya, saya kan baru melahirkan anak pertama saya dngan operasi ceaser, setelah dua bulan melahirkn langsung saya haid, Dan saya haid 2 bulan berturut itupun masuk tanggal tua baru saya haid Dan biasanya 3 hari saya haid, tetapi pas masuk bulan berikutnya saya tidak haid lagi,
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, CRM.

Terlambat haid merupakan gangguan siklus haid yang kerap kali dikeluhkan oleh wanita dengan berbagai faktor penyebab. Umumnya keadaan tersebut berhubungan dengan hormon pengatur siklus haid, yaitu hormon estrogen dan progesteron.

Mengenai keluhan yang Anda alami, setelah masa nifas, siklus haid dapat menjadi tidak teratur umumnya berhubungan dengan keadaan hormon, khususnya hormon yang dikeluarkan saat menyusui. 

Ketika seorang Ibu menyusui secara eksklusif, hormon prolaktin akan meningkat dan menekan hormon estrogen dan progesteron, sehingga ibu menyusui dapat tidak mengalami masa pengeluaran sel telur matang dari indung telur yang disebut dengan masa ovulasi. Sedangkan sel telur yang dikeluarkan tersebut apabila tidak dibuahi, akan luruh menjadi darah menstruasi. Mekanisme tersebutlah yang mengakibatkan Anda tidak mengalami haid. Oleh karena itu, pada Ibu yang menyusui secara eksklusif, keadaan tidak haid dapat semakin lama terjadi.

Hal ini merupakan keadaan yang wajar terjadi dan umumnya tidak berbahaya. Keadaan tersebut bahkan sering digunakan sebagai metode KB alami, karena secara tidak langsung, dapat menunda siklus haid sehingga dapat pula mencegah kehamilan. Namun demikian, metode ini tetap tidak memberikan jaminan. Ibu yang menyusui dapat tetap mengalami ovulasi dan haid.

Untuk keterangan lebih lanjut Anda dapat berkonsultasi langsung dengan dokter Spesialis Kandungan.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ. Salam sehat, dr. Rahmita Dewi
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh CR
05 May 2020, 17:36
Bagaimana dengan tanggapan dokter
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
06 May 2020, 12:18
Selamat siang, CR.
Seperti pada uraian yang telah saya paparkan, jika Anda saat ini sedang dalam masa menyusui, terlebih jika secara eksklusif, maka keluhan yang Anda alami masih dalam batar normal atau wajar, dan dapat kembali normal dalam beberapa bulan kedepan.
Semoga bermanfaat.
Salam sehat
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Olahraga tergolong sebagai salah satu cara melancarkan haid secara alami

Secara Alami atau Obat, Ini Cara Melancarkan Haid yang Aman

Ketika menstruasi Anda tersendat, Anda bisa memilih beragam cara melancarkan haid secara alami. Mulai dari olahraga hingga yoga. Anda juga bisa mengonsumsi obat memperlancar haid yang diresepkan oleh dokter bila diperlukan.