Terlambat vaksin difteri, bagaimana seharusnya?

AN Info Penanya: AN, Wanita, 25 Tahun
Dokter saya punya anak usia 5 tahun saat vaksin difteri tahap 3 akan diberikan kondisi sedang sakit.Apakah masih boleh mendapatkan vaksin difteri tahap 3 walaupun sudah lewat dari jadwal ?Apakah benar masih bisa dilakukan vaksin difteri selama masih dalam kurun 1 tahun dari jadwal difteri 3 yang seharusnya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam AN

Terimakasih atas pertanyaannya di SehatQ. 

Terlambat imunisasi bisa disebabkan oleh beragam penyebab baik anak mengalami sakit saat jadwal imuniasasi, orang tua yang berhalangan, vaksin yang tidak tersedia ataupun beragam penyebab lain. Meskipun demikian tidak perlu panik apabila anak terlambat mendapatkan vaksin karena beberapa vaksin bisa kembali dijadwalkan untuk melanjutkan imunisasi sesuai imunisasi yang belum diberikan ataupun ada juga beberapa yang perlu diulang jika terlambat atau diberikan tidak sesuai anjuran. 

Pada vaksin difteri yang diberikan oleh pemerintah sebagai pencegahan dari maraknya penularan difteri beberapa waktu lalu sendiri jika terlambat dapat diberikan sesegera mungkin dan melanjutkan jadwal pemberian selanjutnya sesuai rentang waktu yang ditentukan. Nantinya oleh petugas akan diperiksa apa yang terlewat dan apakah perlu dilakukan booster atau pemberian vaksin tambahan.Tetap tenag ketika anak terlambat imunisasi difteri. Tetap bawa anak ke fasilitas kesehatan terdekat untuk mengejar imunisasinya yang terlambat. 

Semoga bermanfaat. 

Salam sehat

dr. Sandy

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pemberian vaksin dapat mencegah penyakit polio

Hati-hati! Kenali Gejala Polio yang Dapat Menyebabkan Kelumpuhan Total

Polio adalah penyakit serius yang dapat menyebabkan komplikasi. Dan penyakit polio sendiri memiliki beberapa jenis dan harus dipahami bagaimana gejala masing-masing jenisnya