14 Jul 2020, 02:18Kandungan

Apa suntik KB dapat memengaruhi haid?

SU
Info Penanya: SU, Wanita, 28 Tahun
Hallo dok, sya mau tanya....Knpa sya tidak haid, awalnya sya suntik kb 1bln, hrusnya kembli suntik tgal 25 bulan 5, tp sya tdk kembali suntik sampai tgal 14 bulan 7 in sya belom mens, tp sya tes negativ ada apa ya dok...N apa yg perlu sya lakukan... apakah itu gngguan hormonal atau penyakit ya dok??Trima ksih seblm n sesudah dok.
9962 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat sore, SU.Suntik adalah salah satu metode yang dilakukan untuk menjalankan program KB (Keluarga Berencana). Suntik mengandung hormon, yang akan memengaruhi mekanisme hormon alami tubuh, sehingga dapat mencegah kehamilan. Tetapi, karena hormon alami tubuh berubah, maka ada beberapa efek samping yang dirasakan oleh pengguna suntik.

Berikut beberapa efek samping yang dialami oleh mereka yang menggunakan kontrasepsi suntik:

  • Mengalami siklus haid yang tidak teratur, bisa memendek, memanjang, bahkan berhenti haid
  • Merasakan nyeri pada payudara atau bagian tubuh lain
  • Nafsu makan meningkat, yang menyebabkan naiknya berat badan
  • Emosi menjadi tidak stabil
  • Perubahan produksi lendir vagina
Terkait kondisi yang Anda sampaikan, dari cerita Anda dapat disimpulkan bahwa Anda telah berhenti menggunakan suntik, tetapi tak kunjung haid juga. Hal ini kemungkinan besar bisa disebabkan dari efek samping kontrasepsi, dimana hormon tubuh Anda belum kembali seperti sebelum suntik, seperti yang telah dijelaskan di atas.Oleh karena itu, Anda dapat mencoba untuk melakukan pola hidup sehat agar hormon kembali seimbang, yaitu mengonsumsi makanan bergizi, rutin berolahraga, tidur cukup, dan menghindari stres. Tetapi, apabila Anda sudah tidak haid lebih dari 3 bulan berturut-turut, ada baiknya memeriksakan diri ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan.Nantinya, akan dilakukan pemeriksaan fisik dan penunjang, seperti laboratorium atau USG rahim. Dengan demikian dapat disimpulkan apakah gangguan haid yang Anda alami memang karena penggunaan suntik, atau ada penyebab lain seperti PCOS, gangguan tiroid, maupun kondisi stres yang berlebih. Salam sehat,
dr Sylvia
penggunaan kbkontrasepsigangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil