11 Dec 2020, 19:22Kandungan

Terlambat haid satu minggu dan vagina terasa gatal

PD
Info Penanya: PD, Wanita, 18 Tahun
Dokk saya telat haid 1 minggu dan sedang mengalami gatel pada bgiann kewanitaan saya itu knapa ya dok...dan gmaan caranya agar saya bisa haid ??
4041 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat pagi, PD.Haid adalah proses alamiah yang dialami oleh kaum wanita, mulai dari usia remaja hingga saat menopause di usia lanjut. Haid biasanya terjadi secara teratur setiap 21-35 hari, yang dikontrol oleh sistem hormon tubuh. Jadi, apabila ada satu atau lebih hormon tubuh yang mengalami gangguan, maka siklus haid biasanya juga berubah.Apabila ada keterlambatan haid selama satu minggu, maka kemungkinan ada satu atau lebih hormon yang sedang tidak seimbang, yang mungkin disebabkan oleh:
  • penggunaan alat kontrasepsi
  • konsumsi obat-obatan tertentu
  • kelelahan fisik
  • penyakit rahim seperti PCOS atau kista ovarium
  • gangguan tiroid
  • obesitas
  • stres atau depresi
Agar haid kembali teratur, Anda perlu melakukan beberapa upaya agar hormon dapat seimbang, yaitu mengonsumsi makanan bergizi, rutin berolahraga, dan mengelola tingkat stres. Anda juga dapat menggunakan bahan alami seperti mengonsumsi air rebusan kunyit dan kayu manis, yang dapat turut melancarkan haid. Apabila haid tidak datang selama tiga bulan berturut-turut, berkonsultasilah kepada dokter kandungan, ya.Lalu, mengenai area kewanitaan yang terasa gatal, hal tersebut dapat disebabkan oleh iritasi, alergi, maupun infeksi jamur atau bakteri. Anda dapat mencoba mengenakan celana longgar yang berbahan menyerap keringat, seraya tetap menjaga kebersihan vagina. Untuk informasi lebih lanjut, Anda juga dapat berkonsultasi kepada dokter kulit. Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
haidvagina gatalgangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil