15 Dec 2020, 13:11Kandungan

Apa itu ammenorea dan penyebabnnya ?

SS
Info Penanya: SS0
Selamat siang dokter, Saya ingin bertanya, saya sudah telat menstruasi sekitar 77 hari dari hari terakhir. Dan sampai saat ini tidak ada keluhan aneh apapun. Di 30 hari pertama saya masih merasakan PMS namun tidak ada flek ataupun darah haid yg keluar. Keputihan juga normal. Tidak ada 'bau' asing juga di miss. V saya. Terakhir kali haid brlangsung selama 4 hari dngan darah normal di hari ke1-2. Sebelumnya di thn 2017 sya jga prnh terlewat 5x siklus haid. Mohon pencerahannya dok.
528 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat siang SS,Saya akan mencoba menjawab pertanyaan Anda.Gangguan haid termasuk tidak haid banyak dialami oleh wanita, baik wanita yang sudah berhubungan seksual atau belum. Telat haid dapat membuat khawatir pasangan yang belum siap dan belum mau memiliki anak karena salah satu tanda kehamilan adalah telat haid lebih dari siklus yang normal yaitu lebih dari 35 hari.

Apa itu ammenorea dan penyebabnnya ?

Amenorea adalah suatu kondisi dimana wanita yang sudah pubertas tidak mengalami haid. Amenorea ini bisa terjadi pertama kali sejak pubertas, tidak haid sama sekali disebut dengan amenorea primer, ataupun pada wanita yag sudah pernah haid namun tidak haid kembali disebut amenorea sekunder.Amenorea ini wajar terjadi jika seorang wanita sedang dalam masa kehamilan, prosen menyusui, ataupun wanita yang sudah menopause. Selain itu penyebab amenorea yang perlu diketahui dan diwaspadai antara lain :
  • Masalah pembentukan dan kerusakan organ reproduksi wanita, baik dari ovarium, saluran tuba falopi, rahim, serviks, atau bahkan masalah tumor di otak yang menekan hormon untuk proses mentruasi.
  • Gangguan siklus mentruasi akibat penggunaan alat kontrasepsi terutama alat kontrasepsi yang mengandung hormon seperti KB suntik 1 atau 3 bulan, pil KB esterogen, maupun kombinasi, dan KB implan.
  • Penyakit polycystic ovarium syndrome karena kelebihan hormon androgen.
  • Gangguan keseimbangan gizi tubuh karena berat yang berlebih atau berat yang kurang.
  • Gangguan hormon tiroid atau penyakit gondok ang mengganggu metabolisme tubuh.
  • Tumor pada organ reproduksi.
Jika keluhan tidak haid terus Anda alami, bahkan berulang sejak tahun 2017, maka Anda perlu melakukan pemeriksaan secara menyeluruh di dokter kandungan. Selain itu Anda juga harus tetap menjaga kondisi tubuh Anda, menjaga berat badan agar tetap ideal, menerapkan hidup yang sehat, mengkonsumsi vitamin, menghindari makanan junk food, dan makanan dalam kemasan kaleng yang tidak baik bagi tubuh agar hormon dan metabolisme di tubuh menjadi seimbang.Semoga bermanfaat."Salam sehat,dr. Lidya Hapsari."
vitaminmenstruasipcos
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil