Terlambat haid disertai flek cokelat, tapi testpack negatif

CS Info Penanya: CS, Wanita
Selamat pagi dok. Siklus mens sy 30 s.d 32 hari. Terakhir sy dtg bulan tgl 14 mei s.d 20 mei. Pd tgl 3 juni ada flek coklat sedikit dan jarang kluar hanya sktr 2 s.d 3 hr. Setelah itu sy tdk mens s.d skrg. Sdh sy tespek 3 kali hasilnya negatif. Apakah sy hamil dok ? Atau ada gangguan, karna sblmnya sy pernah usg dbilang ada kista ovarium karna efek obat pemicu wktu promil. Dan rambut sy rontok lbh parah dr sblmnya, merasa lemas, mual, pusing, kadang meriang, dan hampir tiap malam sy demam.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, CS.

Terlambat haid adalah suatu hal yang seringkali diidentikkan dengan kehamilan, terutama pada wanita yang sudah menikah atau aktif berhubungan seksual. Pada saat kehamilan terjadi, hormon tubuh akan mengalami perubahan, sehingga seseorang tidak mengalami haid sampai pasca persalinan.

Kemudian, pada saat kehamilan, embrio juga akan melekatkan diri ke dinding rahim, dimana proses ini dinamakan implantasi. Pada saat implantasi terjadi, seorang wanita terkadang mengalami bercak darah yang berlangsung selama maksimal tiga hari. 

Tanda-Tanda Hamil

Selain terlambat haid dan mengalami bercak implantasi, seorang wanita yang hamil bisa mengalami tanda-tanda lainnya, yaitu:

Apabila mengalami tanda-tanda di atas, sebaiknya lakukan pemeriksaan dengan testpack atau USG rahim di dokter spesialis kebidanan dan kandungan. Jika hasil testpack negatif, bisa saja sebenarnya Anda tidak mengalami kehamilan, tetapi terlambat haid dan flek cokelat yang terjadi adalah efek dari ketidakseimbangan hormon.

Selain kehamilan, beberapa penyebab yang dapat menyebabkan hormon berubah adalah penggunaan kontrasepsi, kista ovarium (seperti yang Anda alami), naik atau turun berat badan secara berlebih, serta pola hidup yang tidak sehat. Ketidakseimbangan hormon juga bisa menimbulkan gejala lain, seperti sering lemas dan rambut rontok.

Oleh karena itu, agar mengetahui penyebab pastinya, segera konsultasikan hal ini kepada dokter spesialis kebidanan dan kandungan, ya. Dengan demikian, akan diketahui secara jelas apa yang Anda alami, dan akan diberikan penanganan yang sesuai.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tanda-tanda kehamilan yang mirip dengan PMS biasanya adalah susah tidur

Mirip Tanda-Tanda PMS, Ini Tanda-Tanda Kehamilan yang Membedakan

Tanda-tanda kehamilan mirip dengan ciri-ciri PMS. Perubahan mood, nyeri payudara, dan kram perut juga dirasakan. Perbedaannya tidak ada flek atau spotting.